Pada artikel yang lalu, saya membuat review dan cara kerja layanan shortener Ungu.in. Pada saat artikel tersebut ditulis, Ungu.in masih dalam fase awal launching dan masih banyak kekurangan, seperti waktu muat yang cukup lama.

Saya cukup mengerti mengapa pada saat itu website Ungu.in kurang bersahabat dan masih ada beberapa kekurangan seperti yang telah disebutkan. Hal ini termasuk wajar dan memang normal karena pengembangan aplikasi ataupun website tidak bisa selesai dalam satu hari.

Ide & Cerita Unik

Walaupun begitu, saya cukup puas dengan cara kerja dan hasil dari website Ungu.in. Saya dapat membuat short link dengan cepat. UI nya mudah digunakan, dan tentunya ada kebanggaan tersendiri ketika menggunakannya, karena jelas Ungu.in dibuat oleh developer tanah air.

Pada sesi ngobrol santai yang terbit pada artikel ini, saya menanyakan beberapa hal diantaranya alasan developer membuat shortener Ungu.in, padahal saat itu telah ada website serupa yaitu bit.ly dan s.id. Alasan yang dikemukakan oleh mas Zaki (salah satu developer) sangat rasional, mereka sering mengumpulkan tugas dari dosen yang biasanya menggunakan cloud storage. URL dari cloud storage ini agak sulit dihafalkan karena biasanya nama file/folder di cloud storage cukup panjang dan mengandung karakter khusus seperti % $ & +. Jadi tujuan dibuatnya Ungu.in adalah untuk menyederhanakan link yang panjang ini sehingga mudah diingat.

screenshot 20230101 174704~2
Ungu.in v2. Image credit: Ungu.in/MauCariApa.com

Saya sendiri kagum dengan tampilan dan fitur di Ungu.in v2, pengalaman pengguna berubah drastis, ini karena UI dan UX yang secara keseluruhan telah ditingkatkan dari versi sebelumnya. Pada versi ini, tampilannya mengusung flat-minimalis, posisi navigasi menu mudah dicari dan area klik nya cukup luas walaupun pada perangkat seluler. Selain itu fitur donasi telah ditambahkan pada versi ini, sehingga siapapun dapat berpartisipasi dalam mendukung pengembangan website Ungu.in

screenshot 20230101 175242
Pengembang Ungu.in, OSORA (Muh Zaki Choiruddin, Meisha Afifah Putri, Rizky Oktafian Nur Muhammad)

Ungu.in telah menjangkau banyak pengguna sejak pertama kali diluncurkan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), AMIKOM dan Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Ungu.in v3

Baru-baru ini saya bertanya pada developer Ungu.in, diantaranya ide dan fitur apa saja yang akan dihadirkan pada versi 3 (saat ini Ungu.in menjalankan versi 2 yang rilis pada 6 Februari 2022 lalu). Developer memberi sedikit bocoran yaitu fitur analitik dan keanggotaan premium. Dengan fitur analitik, pemilik link dapat mengetahui berapa kali link mereka di klik atau dikunjungi. Hal ini sangat berguna untuk mengukur seberapa efektik link yang kita bagikan.

Sedangkan untuk keanggotaan premium, saya tidak banyak mendapat informasi. Namun yang jelas, akan ada fitur-fitur tertentu yang hanya tersedia untuk pengguna premium; atau pengalaman sejenis seperti batasan pada fitur atau fungsi tertentu untuk pengguna gratis dan premium. Saya memperkirakan rilis versi terbaru tidak akan lewat dari bulan Juni 2023; semoga tidak meselet ya.

Belum diketahui kapan Ungu.in v3 akan dirilis, kemungkinan proyek v3 ini belum rampung secara keseluruhan atau masih dalam tahap pengujian, sehingga pihak developer belum memberikan tanggal perilisan versi terbaru.

Penutup

Website Ungu.in ini banyak memberikan manfaat bagi pengguna, terutama mereka yang sehari-hari berkutat dengan internet, link, media sosial, web dan sebagainya. Semoga versi terbaru Ungu.in segera di rilis dan dapat dinikmati oleh pengguna, Saya pribadi tidak sabar ingin menjajal fitur analitik yang tentunya sangat bermanfaat karena dapat melihat jumlah klik dari link yang telah saya buat sebelumnya.