Ungu.in merupakan website untuk mempermudah kita mengingat alamat web yang panjang menjadi lebih mudah diingat.

Cara kerjanya hampir sama dengan bit.ly namun memiliki beberapa kelebihan yang tidak tersedia secara gratis di Bit.ly.

Dikutip dari situs resminya, Ungu.in didirikan oleh Muh Zaki Choiruddin (Founder), Rizky Oktafian Nur Muhammad (Co-Founder), Meisha Afifah Putri (Co-Founder) dibawah bendera OSORA yang bertepatan dengan April Mop kemarin.

Ketiganya merupakan talenta muda yang menghapus anggapan bahwa anak muda saat ini hanya fokus pada konten sosial media seperti TikTok dan Instagram.

Kami secara pribadi belum mengenal founder Ungu.in, namun kali ini kita akan memberikan beberapa penilaian terhadap website ini.

Kelebihan

UI/UX menarik

Dibangun diatas Laravel & Vue.js PHP+Bootstrap, Ungu.in rupanya tidak ketinggalan style. Bootstrap membuat UI/UX mereka nyaman digunakan dan tidak membuat mata sakit. Perpaduan warna putih dan ungu pun sangat pas dan tidak mencolok.

Framework PHP yang digunakan yaitu Laravel yang cukup populer digunakan di web. Dukungan komunitasnya juga cukup luas.

Responsif & cepat

Ungu.in bisa dibilang secepat kilat, tidak perlu menunggu lama halaman dimuat secara penuh, bahkan proses generate link pun tidak kalah cepat.

User-friendly

Kita tidak perlu mencari-cari dimana bagian yang dapat digunakan untuk memperpendek alamat website kita, cukup skrol sedikit, kita akan menemukan bagian itu.

2d891c5f

Bagian atas merupakan kolom untuk alamat web asli, sedangkan kolom bawah merupakan nama untuk alamat web yang diperpendek nanti; Anda dapat membuat nama apa saja sesuai keinginan.

Kekurangan

Beberapa kekurangannya yaitu tidak memiliki dasbor dan menu masuk/daftar. Namun dalam proses shorten URL, prosesnya sangat cepat. Untuk bidang lainnya sejauh ini kami tidak melihat kekurangan atau masalah yang sangat mengganggu, kami telah mencoba memperpendek alamat web kami dan hasilnya sangat luar biasa.

Uji coba

Saat ini kami mencoba mendemokan bagaimana menggunakan web Ungu.in.

Pada pengujian ini, kami akan menggunakan alamat https://maucariapa.com/branding.

content 1618629931996

Selanjutnya kita akan memperpendek URL tadi menjadi lebih singkat.

content 1618630134545

Pastikan URL asli adalah alamat yang benar, setelah itu klik tombol YUK.

content 1618630204343

URL telah berhasil diperpendek dengan nama yang telah kita buat tadi, yaitu mc-branding dengan URL lengkap ungu.in/mc-branding.

Sekarang kita coba buka hasilnya.

content 1618630494380
content 1618629931996

Kesimpulan

Ungu.in merupakan alternatif baru untuk web serupa seperti Bit.ly. Ungu.in merupakan karya anak muda bangsa yang bukan tidak mungkin akan cemerlang di masa depan.

Update

Saat ini website Ungu.in tidak dapat di akses, kode error 404 Not Found dapat diakses kembali.
Kami akan coba menghubungi pihak developer untuk mengetahui masalah yang terjadi telah menghubungi salah satu developer Ungu.in dan sumber tersebut menyatakan bahwa beberapa hari ini terjadi flood traffic sehingga website di matikan sementara untuk menghindari trafik spam yang dapat mengganggu kinerja website kedepan.