Mengenal Easypanel, Web Control Panel Modern

easypanel.jpg
February 20, 2023
Share

Ketika mendengar istilah control panel, tentunya yang terngiang di telinga kita adalah cPanel, atau mungkin Plesk (walaupun panel yang satu ini kerap dianggap lebih sulit daripada cPanel).

Sebenarnya ada banyak control panel untuk web yang tersedia di internet, baik yang berbayar, gratis maupun gabungan keduanya (freemium). Diantara sekian banyak control panel yang kurang terkenal ini ada Easypanel.

Apa itu EasyPanel?

Tidak seperti banyak panel lainnya, Easypanel dapat menjalankan aplikasi apapun. Menggunakan image Docker untuk aplikasi Node.js, Ruby, Python, PHP, Go, dan Java menggunakan Heroku Buildpacks. Anda dapat membawa Dockerfile Anda sendiri jika memerlukan kontrol yang lebih besar.

Kelebihan Easypanel

  • Multi Workspace
    Dengan multi workspace, kita dapat menjalankan beberapa aplikasi dan service secara bersamaan tanpa terjadi crash atau masalah, ini karena setiap workspace dapat membuat beberapa project dan setiap project dapat menjalankan beberapa service/aplikasi.
  • Banyak pilihan template
    Easypanel menyediakan banyak template untuk aplikasi yang tentunya berjalan di Docker, misalnya saya akan menginstal WordPress, Easypanel akan menyiapkan service yang sesuai untuk menjalankan WordPress, misalnya databasenya menggunakan MariaDB atau MySQL. Selain WordPress, masih banyak template aplikasi yang dapat digunakan.
  • Custom Domain
    Easypanel mendukung custom domain, baik panel secara umum maupun masing-masing aplikasi yang telah diinstal di Easypanel kita.
  • Gratis
    Easypanel memiliki dua opsi harga, gratis dan berbayar. Kita dapat menggunakan Easypanel tanpa biaya alias gratis namun dengan beberapa batasan fitur. Sedangkan versi berbayar akan mendapat fitur-fitur tambahan sesuai paket harga. Untuk lebih detailnya silakan kunjungi link ini.
  • Dokumentasi Lengkap
    Dokumentasi dan petunjuk penggunaan Easypanel sangat lengkap, mulai dari cara instalasi hingga cara menggunakannya.
Recommended:  Kamatera, Hosting Level Enterprise Untuk Semua Orang

Kesimpulan

Untuk menggunakan Easypanel, kita dapat langsung menjalankannya apabila menggunakan layanan DigitalOcean, AWS, Linode dan Vultr. Namun jika kita menggunakan layanan lain misalnya Hostinger atau Contabo, kita harus menginstalnya secara manual. Petunjuk instalasinya sudah dijelaskan di dokumentasi mereka. Pada artikel lainnya, saya akan membuat review Easypanel.