Indonesia Website Awards

Kasab Trans, Food Delivery Lokal Bandung Barat

kasab trans.jpg

Bicara soal food delivery, yang ada di benak kita tentunya adalah superapps Grab dan Gojek yang menawarkan taxi, ojek, pengiriman barang dan pengiriman makanan.

Untuk warga Bandung Barat terutama daerah Cililin dan sekitarnya, food delivery yang dimaksud adalah Kasab Trans. Fungsi dan fitur aplikasi ini hampir mirip dengan Gojek maupun Grab, pengguna dapat memesan makanan maupun mengirimkan barang. Namun untuk ojek online sepertinya fitur ini belum terlalu dikenal karena masyarakatnya masih senang menggunakan transportasi umum seperti angkot dan bis.

Aplikasi Kasab Trans, Mitra & Driver

Sedangkan untuk food delivery, layanan ini sudah berjalan dari pertengahan 2021 lalu sampai saat ini, banyak partner berupa cafe, warung nasi sunda/padang, hingga pedagang seperti bakso maupun batagor & sejenisnya sudah menjadi bekerjasama dengan Kasab Trans. Partner dapat bergabung dengan Kasab Trans melalui aplikasi Mitra Kasab.

screenshot 20230318 233027

Di sisi driver, Kasab Trans juga aktif melakukan perekrutan mitra driver melalui aplikasi Kasab Driver. Aplikasi ini memfasilitasi driver untuk bergabung, mengelola pesanan dari pembeli, dan masih banyak lagi.

screenshot 20230318 233019

Untuk pembeli, Kasab juga memiliki aplikasi yang dapat digunakan untuk memesan makanan dan nantinya akan diantar oleh driver. Pada aplikasi ini, pembeli dapat mengetahui biaya-biaya seperti harga makanan yang dipesan, ongkos kirim dan biaya-biaya lainnya.

Pada saat membuka aplikasi, kita dapat langsung masuk ke aplikasi jika sudah memiliki akun, atau mendaftar terlebih dahulu baru kemudian masuk ke aplikasi.

Saya cukup kaget ketika menggunakan aplikasi ini, ternyata sudah mendukung layar tablet yang cukup luas.

screenshot 20230319 150631

Untuk mengetahui biaya layanan, pastikan pengguna mengaktifkan fitur lokasi untuk mengetahui biaya yang akan dikeluarkan oleh pengguna dengan akurat, sehingga tidak terjadi kesalahan biaya dan pengantaran oleh driver.

Jika kita skrol kebawah, kita akan menemukan beberapa menu seperti menu ojek, mobil, kurir, food, dan lainnya.

Recommended:  Mengenal Easypanel, Web Control Panel Modern
screenshot 20230319 151107

Selain ojek, food delivery dan mobil. Layanan seperti titip belanja juga tersedia di aplikasi ini. Saya melihat ada kesamaan fitur antara Grab, Gojek dan Kasab Trans walaupun dalam cakupan wilayah operasional yang berbeda.

screenshot 20230319 151509

Selain titip belanja, fitur lainnya yang dapat digunakan yaitu Kasab Mart. Fitur ini memungkinkan pengguna belanja dari toko atau apotek yang sudah bekerjasama dengan Kasab Trans. Sehingga dapat menguntungkan bagi semua pihak, toko-toko yang bekerjasama diuntungkan karena mendapat pembeli dari aplikasi, sedangkan pengguna tidak perlu repot mencari barang yang mereka cari karena diantarkan langsung oleh driver ke rumah pengguna aplikasi.

screenshot 20230319 151829

Fitur lainnya yang menurut saya cukup familiar namun penting yaitu top up saldo (seperti pada OVO maupun GoPay). Metode pembayaran yang digunakan cukup lengkap seperti BRI, BNI, OVO, Dana dan lain-lain, cara ini menurut saya cukup mengakomodasi kebutuhan pengguna karena banyaknya metode pembayaran yang dapat dipilih.

screenshot 20230319 152619

Namun untuk proses verifikasinya sendiri masih manual, yaitu pengguna harus mengirimkan bukti transfer ke admin dan nantinya admin akan memproses transaksi tersebut. Cukup ribet dan lama tetapi hal ini dapat dimaklumi mengingat aplikasi ini baru berjalan 2 tahun lebih.

Penutup

Kasab Trans saat ini masih beroperasi di sebagian wilayah Bandung Barat, namun tidak menutup kemungkinan akan memperluas wilayah operasionalnya ke seluruh wilayah Bandung Barat dan sekitarnya seperti Cianjur atau Sukabumi. Mengingat kesamaan darah sunda antara pemilik aplikasi, mitra, driver dan penggunanya.

Aplikasi ini dikelola oleh PT. Kasab Putra Sunda yang berkantor di Pasir Meong Cililin.