Sejarah Singkat Berdirinya AMD (Advanced Micro Devices)

Sejarah Singkat Berdirinya AMD (Advanced Micro Devices)


Advanced Micro Devices, Inc. (AMD) adalah perusahaan global yang membuat perangkat semikonduktor seperti flash memory, GPU (Graphical Processing Unit), motherboard dan berbagai komponen lainnya. Kantor pusat AMD terletak di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

AMD didirikan pada tahun 1969 oleh Walter Jeremiah (“Jerry”) Sanders, mantan eksekutif di Fairchild Semiconductor Corporation, dan tujuh lainnya. Perusahaan merilis produk pertamanya pada tahun 1970 dan go public dua tahun kemudian.

Pada pertengahan 1970-an perusahaan mulai memproduksi chip komputer. Dimulai sebagai produsen chip komputer sumber kedua, perusahaan ini sangat menekankan kualitas dan tumbuh dengan mantap. Pada tahun 1982 perusahaan mulai memasok chip sumber kedua untuk Intel Corporation, yang membuat mikroprosesor yang digunakan di komputer pribadi (PC) IBM.

Perjanjian dengan Intel berakhir pada tahun 1986. Pada tahun 1991 AMD merilis keluarga mikroprosesor Am386, chip yang direkayasa balik yang kompatibel dengan mikroprosesor 32-bit 386 Intel generasi berikutnya. Terjadilah pertempuran hukum yang panjang yang akhirnya diputuskan dalam putusan Mahkamah Agung AS tahun 1994 yang mendukung AMD. Pada tahun yang sama, Compaq Computer Corporation mengontrak AMD untuk memproduksi chip yang kompatibel dengan Intel untuk komputer mereka.

Perusahaan AS ini bersaing secara ketat dengan Intel Corporation, selain karena putusan Mahkamah Agung AS tahun 1994, persaingain ini sangat kental karena Intel juga membuat prosesor untuk komputer, laptop, tablet dan komponen elektronik lainnya. Entah mengapa, mayoritas orang selalu menganggap Intel lebih baik dibandingkan AMD; padahal keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan di masing-masing bidang.

Misalnya AMD lebih kuat di game dan pemrosesan grafis maupun render 3D, sedangkan Intel lebih andal di pekerjaan kantoran dan lebih rendah konsumsi listrik karena biasanya pekerjaan kantoran tidak memerlukan daya yang besar.

Intel memang memiliki GPU sendiri, namun mayoritas game berat tidak mampu dijalankan oleh GPU Intel, gamer pun biasanya lebih tertarik menggunakan GPU Nvidia yang memang dikhususkan untuk game. GPU AMD sendiri sedikit lebih baik ketimbang GPU Intel dalam hal gaming. Halaman resmi AMD menyajikan daftar game yang kompatibel dengan GPU mereka AMD Radeon Graphic, sedangkan halaman resmi Intel menyajikan game yang sedikit lebih ringan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam hal gaming AMD menang jauh dibandingkan Intel.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan