Perbedaan Deepin Dan UOS (Unity Operating System)

deepin uos.jpg
July 7, 2023
Share

Jadi, apa perbedaan antara UOS dan Deepin OS?

Tujuan OS

UOS adalah distribusi komersial Linux di Cina. Pengembangan utama seperti fitur-fitur baru dilakukan oleh tim Deepin. Hubungan antara UOS dan Deepin seperti Fedora dan Redhat RHEL.

Sedangkan Deepin adalah edisi komunitas dan tidak akan digantikan oleh UOS, yang hanya digunakan untuk tujuan komersial.

Pengembangan

Sistem UOS dan Deepin dikembangkan secara paralel, dan sebagian besar fungsi dan pustaka sumber dayanya sama. UOS didasarkan pada sistem Deepin, sehingga sistem Deepin akan mendapatkan beberapa pembaruan fitur lebih awal, dan pembaruan UOS akan lebih lambat tetapi akan mendapat dukungan komersial penuh.

Distribusi OS

Secara distribusi, Deepin menjangkau lebih banyak pengguna karena tidak hanya didistribusikan di China, namun ke wilayah lain seperti Indonesia; pengguna Deepin di Indonesia cukup banyak. Sedangkan UOS hanya fokus di pasar China saja, karena lebih banyak dukungan yang tersedia secara spesifik untuk wilayah tersebut.

Akses root

UOS membatasi izin root, karena dkhawatirkan akan merusak partisi sistem yang berakibat pada masalah sistem yang mungkin sulit untuk diperbaiki, apalagi pengguna UOS kebanyakan adalah perusahaan yang memerlukan OS yang stabil dan aman.

Sedangkan di Deepin, izin root tidak dibatasi dan dapat digunakan secara default. Namun izin root ini dapat dibatasi dengan menggunakan baris perintah tertentu.

Penutup

Itulah beberapa perbedaan UOS dan Deepin, keduanya dikembangkan oleh pengembang yang sama, yaitu Deepin. Hanya saja keduanya memiliki perbedaan pada distribusi, segmentasi pasar dan harga.

Recommended:  Inilah Alasan Dibalik Gencarnya Promosi IDCloudHost