SSL Berbayar Maupun Gratis Tidak Berpengaruh Pada SEO

SSL gratis atau berbayar tidak memengaruhi peringkat SEO, ungkap John Mueller dari Google menjawab pertanyaan terkait SSL dalam sesi jam kerja Google SEO bahasa Inggris yang diadakan pada 18 Februari 2022 lalu.

SSL Berbayar Maupun Gratis Tidak Berpengaruh Pada SEO


John Mueller, Senior Search Analyst dan advokat Google Search pada sesi tersebut mengatakan bahwa jenis sertifikat SSL yang Anda gunakan tidak mempengaruhi SEO. Satu-satunya hal yang diperlukan adalah sertifikat SSL itu sah.

"SSL gratis baik-baik saja. Dari sudut pandang kami, kami hanya melihat ini adalah sertifikat yang valid atau tidak," kata John Mueller.

Memiliki sertifikat SSL untuk situs web penting untuk SEO. Terutama karena Google telah mengonfirmasi HTTPS sebagai faktor peringkat. Tetapi Google tidak menyebutkan bahwa SSL berbayar seperti Comodo SSL atau Sectigo SSL akan meningkatkan visibilitas SEO di mata mesin mencari, melainkan hanya meningkatkan pamor website di mata pengunjung, itupun jika pengunjung sadar dan peduli akan hal tersebut.

Harga yang ditawarkan untuk SSL berbayar bervariasi, Sectigo SSL misalnya, di situs resmi mereka untuk 1 website dibanderol dengan harga $74/tahun. Sedangkan Comodo SSL di provider lokal seperti Niagahoster, dibanderol dengan harga Rp. 115.000/tahun.

Dari segi fungsi maupun manfaat, SSL berbayar sama dengan SSL gratis Let's Encrypt yang dapat dipasang dengan mudah dan cepat. Selain itu, mesin pencari lebih fokus pada konten dan faktor-faktor yang telah dijelaskan oleh mereka terkecuali SSL.

Jika tertarik menonton Google SEO office-hours, klik tautan dibawah ini.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan