pixelexperience

Mengenal PixelExperience, Custom ROM Untuk Android

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan, ini karena Google menjadikan Android sebagai proyek open source, dibawah nama proyek AOSP (Android Open Source Project).

📢 Info
Artikel mungkin berisi link afiliasi, kami menerima sedikit komisi dari link tersebut.

 

Banyak sistem operasi berbasis Android yang dikembangkan oleh perusahaan maupun komunitas, seperti ColorOS, Funtouch OS, PixelExperience dan lain-lain; namun pada artikel ini, kita akan membahas custom ROM PixelExperience.

PixelExperience adalah ROM berbasis AOSP dengan aplikasi Google (Gapps) dan semua aplikasi Google Pixel (peluncur, wallpaper, ikon, font, bootanimation). PixelExperience menawarkan stabilitas dan keamanan semaksimal mungkin, bersama dengan fitur penting dan berguna untuk berfungsinya perangkat dengan baik.

Kompatibilitas

Tersedia untuk beberapa vendor seperti Realme, Xiaomi, OnePlus, Lenovo dan tentunya Pixel Series (mulai dari Pixel 1 sampai Pixel 5). PixelExperience merupakan salah satu cara instan untuk mendapatkan Android terbaru (saat ini Android 13), sehingga smartphone keluaran 2018 seperti ASUS Zenfone Max Pro M1 yang masuk kategori mid-range dapat merasakan Android 13 berkat proyek ini; saat ini Android 13 masih beta untuk perangkat Max Pro M1, namun sudah masuk versi stabil untuk perangkat lain.

Saya sendiri merupakan pengguna Pixel 3a yang rilis pada 2019 silam, versi resminya berakhir di Android 12.1, namun dengan PixelExperience, saya masih dapat menikmati Android terbaru dan tersertifikasi Play Protect sehingga aman dan tetap dapat mengunduh semua aplikasi dari Play Store, menggunakan aplikasi perbankan dan e-commerce.

Pada September lalu, tim PixelExperience mengumumkan versi beta untuk Android 13, dan pada November ini, mereka mengumumkan Android 13 sudah masuk fase stabil dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Plus Edition

Versi ini merupakan versi ‘lengkap’ dari PixelExperience, seperti fitur Face Unlock yang tidak tersedia pada versi standar, Wallpaper bawaan pada versi Plus Edition lebih banyak dari yang standar, dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Wiki

Tim PixelExperience telah menulis panduan atau wiki untuk masing-masing perangkat, sehingga pengguna dapat mengikuti panduan ini tanpa takut terjadi kesalahan selama mengikut langkah-langkahnya dengan benar.

Pada wiki ini juga terdapat panduan untuk membuat sendiri ROM PixelExperience pada perangkat yang belum didukung oleh ROM tersebut, dan kita dapat mengajukan diri sebagai pengelola atau maintainer pada perangkat tersebut. Maintainer ini bertugas memperbaiki bug dan error yang dilaporkan pengguna dan memperbaikinya.

Dengan begitu, perangkat apapun selama menjalankan sistem operasi Android dan dapat mengakses Play Store, dapat dibuat kompatibel dan menjalankan ROM PixelExperience.

Core Member & Maintainer

Proyek ini digagas oleh Henrique Silva dari Brazil, Core Member seperti PixelBoot dari Malta, Chenyang Zhong dari China, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk maintainer terdiri dari beberapa negara seperti India, Indonesia, China, Jerman dan lain-lain

Daftar member dan maintainer dapat dilihat disini.

Penutup

PixelExperience merupakan alternatif bagi mereka yang menginginkan Android terbaru namun terkendala biaya untuk membeli ponsel baru, atau orang yang senang dengan eksperimen dan percobaan karena gabut dan sebagainya. ROM ini cocok digunakan selama perangkat yang digunakan mendukung untuk menginstal ROM ini, karena kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal seperti mati total atau hard brick.





Tanggal:

| Topik:

Penulis:


Sumber pendapatan MauCariApa.com berasal dari iklan dan tautan afiliasi, kami akan mendapat komisi kecil. Tetapi ada beberapa cara lain seperti berkontribusi pada platform Nih Buat JajanPayPal, atau dengan membeli karya Belajar WordPress (seri artikel ini gratis, pembelian dimaksudkan sebagai pengganti donasi).


 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *