cloud gaming

Daftar Layanan Cloud Gaming Dari Yang Terbaik Hingga Terburuk

Cloud gaming menjadi tren pada beberapa tahun terakhir, sebut saja Nvidia GeForce Now, Xbox Game Pass dan Google Stadia. Ketiganya merupakan platform cloud gaming yang sudah memiliki komunitas masing-masing.

📢 Info
Artikel mungkin berisi link afiliasi, kami menerima sedikit komisi dari link tersebut.

 

Cloud gaming memungkinkan pengguna dapat memainkan game kelas AAA dengan tanpa perlu membeli spesifikasi hardware yang powerful.

Cloud Gaming

Berikut ini adalah urutan layanan cloud gaming terbaik hingga terburuk.

Xbox Game Pass

46c4d2a3e94103b163eb7f487b48049c
Screenshot: Florence Ion / Gizmodo

Xbox Game Pass memiliki hampir 500 game di perpustakaannya. pengguna juga mendapatkan keuntungan seperti akses ke EA Play dan game besutan Microsoft seperti Flight Simulator. Daftar lengkapnya dapat dilihat disini.

Permainan di Xbox Game Pass dapat mencapai 1080p pada 60fps yang cocok untuk kebanyakan orang, namun tidak untuk gamer. Jika Anda memiliki laptop dengan refresh rate 120Hz, tentunya Anda ingin menggunakan fitur tersebut, sehingga tidak terbuang sia-sia.

Harga yang ditawarkan mulai dari $15/bulan (untuk mengakses ke Xbox Cloud Gaming).

Nvidia GeForce Now

b01d105d062340bc656a4f47787cd444 1
Screenshot: Florence Ion / Gizmodo

Nvidia GeForce Now dapat digunakan pada banyak perangkat, seperti Android, iPad, iPhone, Windows dan macOS, bahkan tersedia untuk Smart TV, konsol, dan Steam Deck.

Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan GeForce Now dan dapat menjadi pertimbangan pengguna, apakah akan menggunakan layanan cloud gaming ini atau tidak.

Dengan tingkat langganan gratis sekalipun, Nvidia GeForce Now menawarkan game yang beragam, seperti Counter Strike, Genshin Impact, League of Legends, Shadow of The Tomb Raider pun tersedia. Selain itu, pengguna dapat menautkan akun Steam, Epic Game, dan GOG serta dapat langsung memainkan semua game yang telah dibeli pada toko game tersebut, tanpa perlu menginstalnya. Pengguna hanya perlu menautkan akun pada toko game diatas.

Sayangnya, Nvidia GeForce Now sendiri masih memiliki kekurangan, yaitu batas permainan hanya satu jam untuk pengguna dengan tier gratis, serta tidak mendapat dukungan RTX. Selain itu, tidak semua game yang Anda beli di tempat lain tersedia.

Layanan Nvidia GeForce Now adalah gratis, atau mulai $10/bulan untuk tier berbayar.

Amazon Luna

d7e1533913c2af1cab5cee353018abd1
Screenshot: Florence Ion / Gizmodo

Amazon Luna adalah pilihan terbaik untuk pengguna yang tidak ingin terikat dengan langganan.

Dibandingkan dengan Xbox Game Pass dan Nvidia GeForce Now, perpustakaan game pada Luna terasa lebih kasual; seperti tampilan layanan streaming mereka, Amazon Prime.

Game yang ada di Luna kebanyakan merupakan game retro dan klasik, seperti Sonic and Lumines, Hokko Life dan lainnya. Namun ada juga game kekinian seperti Assasin’s Creed dan Far Cry.

Salah satu fitur unggulan Luna yaitu dapat mengaktifkan kontrol orang tua untuk mencegah anak-anak bermain game berdarah atau mengandung kekerasan.

Anda dapat memainkan Luna di berbagai tempat: di PC, Mac, atau ponsel cerdas Anda melalui browser.

Amazon mencoba menyatukan layanan-layanan mereka, sehingga hal ini berdampak pada harga langganan Luna yang lebih mahal, terutama tanpa langganan Prime. Harga langganannya mulai dari $5/bulan hingga $18/bulan.

Jadi kita harus berlangganan Amazon Prime terlebih dahulu untuk menikmati semua fitur di Amazon Luna. Jika tidak kita hanya mendapatkan kualitas streaming mencapai 1080p dan 60fps, dan tidak dapat membeli game untuk “memiliki” akses seperti yang Anda dapat dengan layanan cloud lainnya.

Sony PlayStation Plus

689d6b385b2041ece0bc7a6a7e6c9da0
Image: Sony

Sony PlayStation Plus merupakan rebranding dari PlayStation Now yang diperkenalkan kembali pada awal tahun ini. Layanan ini akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki PlayStation 4 dan 5 untuk dipasangkan atau setidaknya tertarik dengan perpustakaan game Sony.

PlayStation Plus menawarkan daftar game yang cukup lengkap pada situsnya, meskipun sebagian besar adalah judul katalog dari sistem Sony sebelumnya.

PlayStation Plus tidak memiliki banyak demo untuk dicoba, Resolusi yang tersedia masih 1080p.

Langganan PlayStation Plus adalah mulai dari $18/bulan jika menginginkan akses streaming.

Shadow

Shadow bukanlah layanan cloud game karena ini adalah komputer berbasis cloud yang dapat Anda sewa sesuai kebutuhan. Anda dapat menggunakannya seolah-olah sedang menggunakan PC Windows tepat di depan Anda. Setelah Anda membayar, Shadow akan memberi Anda komputer yang menjalankan kartu grafis Nvidia GeForce RTX dan RAM 12GB dengan penyimpanan hingga 1TB. Shadow tersedia di AS, Inggris, Prancis, Belgia, Luksemburg, Belanda, Jerman, dan Swiss.

Shadow memungkinkan Anda memainkan game PC apa pun yang dapat Anda pasang ke komputer berbasis cloud, yang berada di server yang sangat jauh.

Dengan harga mulai $30/bulan, layanan ini merupakan yang termahal dalam daftar, Shadow saat ini lebih fokus untuk menarik pekerja yang perlu menyewa komputer daripada gamer yang ingin bermain game.

Penutup

Itulah 5 penyedia layanan cloud (walaupun yang terakhir bukanlah layanan cloud sepenuhnya), Saya mengurutkan layanan tersebut dari yang terbaik pada urutan pertama, dan terburuk (juga termahal) pada urutan terakhir.

Urutan cloud gaming tersebut murni opini saya, bukan berdasarkan riset ataupun artikel tertentu. Jadi urutannya mungkin berubah sesuai preferensi pembaca.





Tanggal:

| Topik:

Penulis:


Sumber pendapatan MauCariApa.com berasal dari iklan dan tautan afiliasi, kami akan mendapat komisi kecil. Tetapi ada beberapa cara lain seperti berkontribusi pada platform Nih Buat JajanPayPal, atau dengan membeli karya Belajar WordPress (seri artikel ini gratis, pembelian dimaksudkan sebagai pengganti donasi).


 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *