Indonesia Website Awards

Tips refund cepat di Agoda tanpa ribet

Ternyata ada cara cepat bagaimana refund di Agoda hanya membutuhkan waktu 2-3 hari dari tanggal pembatalan.

agoda refund

Pada artikel yang lalu, saya pernah berbagi pengalaman bagaimana ribetnya refund di Agoda, namun ternyata ada cara cepat bagaimana refund di Agoda hanya membutuhkan waktu 2-3 hari dari tanggal pembatalan.

Pada artikel tersebut, saya mengalami kesulitan refund di Agoda karena rekanan pembayaran mereka Hyperwallet yang tidak beroperasi di Indonesia. Sehingga proses refund menjadi berbelit-belit, terutama ketika menggunakan bank yang kurang populer atau bank kekinian/digital.

Pada saat itu saya memang menggunakan Seabank, walaupun terdaftar sebagai Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE), saya masih dapat memasukkan nomor rekening dan nama pemilik rekening, proses ini berjalan lancar dan saya diminta menunggu beberapa hari untuk proses verifikasi, namun ternyata gagal. Hal ini berlangsung selama beberapa kali.

Bank seperti Seabank dan Jago sepertinya tidak populer di sistem Hyperwallet, ketika terjadi proses refund, mereka kesulitan melacak dan menemukan pemilik dari rekening pengguna, sehingga perlu dilakukan pengecekan yang memakan waktu cukup lama. Pada saat itu saya menerima dana refund kurang lebih dua minggu.

Setelah beberapa kali memesan hotel di Agoda, dan ada beberapa pesanan yang dibatalkan. Ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar proses refund lebih mudah.

  • Gunakan bank yang umum digunakan, misalnya BCA, Mandiri, BRI, BNI dan bank populer lainnya.
  • Gunakan kartu debit atau kredit dari bank yang populer, atau kartu kredit dari rekanan bank seperti Tokopedia Card yang merupakan kerjasama antara Bank BRI dan Tokopedia.
  • Pastikan nama pemilik rekening dan nama pemesan hotel sama, untuk memudahkan proses pengecekan.
  • Gunakan email yang sama, ketika melakukan pemesanan dan refund di Agoda, hal ini ditujukan agar Hyperwallet tidak perlu melakukan pengecekan beberapa kali.
Recommended:  Cerita Dibalik Migrasi Dari WordPress Ke Ghost

Jika salah satu atau beberapa langkah diatas tidak berhasil, jangan menyerah untuk terus mencoba. Kadang harus dicoba lebih dari dua kali, namun ada juga yang satu kali percobaan refund langsung diproses dan berhasil.