Cara Mudah Urus Dokumen Negara Dengan Sidilan KBB

sidilan kbb.jpg
February 22, 2023
Share

Data kependudukan merupakan salah satu faktor yang penting bagi warga negara, data ini dapat digunakan sebagai pelengkap informasi keuangan maupun hingga cicilan KPR.

Namun adakalanya kita malas mengurus data kependudukan seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KK(Kartu Keluarga) di kecamatan atau di kabupaten. Hal ini tidak lain karena antrian dan lamanya proses pengerjaan, terutama untuk warga yang rumahnya jauh dari kecamatan atau kabupaten, tentunya ini akan memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Untuk menangani kendala-kendala seperti ini, negara melalui provinsi dan kabupaten telah mulai menyiapkan layanan digital yang dapat mengurai antrian dan mempercepat proses pengerjaan pembaruan atau pembuatan data kependudukan.

Sidilan KBB

Digitalisasi layanan ini juga diterapkan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) melalui layanan Sidilan (Sistem Daftar Informasi Layanan Online Kabupaten Bandung Barat) yang sudah berjalan beberapa tahun lalu, layanan ini cukup ampuh mempercepat waktu pengerjaan data kependudukan dan warga dapat melakukan aktivitas seperti biasa, karena data kependudukan misalnya KTP atau KK akan dikirimkan melalui Pos.

Untuk mengakses sidilan, warga KBB cukup mengunjungi halaman Sidilan KBB dan lakukan registrasi untuk membuat akun, namun apabila sudah memiliki akun kita tinggal masuk saja ke sistem Sidilan. Tidak hanya diakses lewat website, Sidilan juga telah tersedia di Play Store untuk pengguna Android. Sayangnya aplikasi ini tidak tersedia di App Store sehingga pengguna iPhone/iPad dapat menggunakan website sebagai alternatifnya.

screenshot 20230208 001219

Untuk melakukan registrasi, klik menu Sign Up dan isi semua kolom yang ada.

screenshot 20230208 001406

Setelah selesai melakukan pendaftaran, masuk ke sistem dengan mengklik menu Login; hal ini juga berlaku apabila Anda telah memiliki akun Sidilan atau pernah mendaftar sebelumnya.

Recommended:  Cara Mudah Membuat Hotlink Protection Di CloudPanel
screenshot 20230208 001708

Kita dapat menggunakan username maupun nomor KTP yang telah didaftarkan sebelumnya, dan masukkan juga password yang telah dibuat pada saat pendaftaran akun Sidilan.

screenshot 20230208 001948

Pada dasbor aplikasi, terdapat riwayat pengajuan yang pernah kita buat, misalnya saya pernah membuat riwayat pengajuan penggantian KTP baru karena rusak dan hilang, dengan status pengajuan yang berbeda.

Untuk membuat pengajuan baru atau mengubah pengajuan yang telah dibuat, klik menu Buat/Ubah Pengajuan Baru. Isi data-data yang diminta seperti foto, nomor KK, nomor KTP, jenis kelamin dan lain-lain. Setelah semua data diisi, klik tombol Selanjutnya >> dan layar akan menampilkan bagian pengajuan.

Layanan yang tersedia diantaranya penerbitan KTP karena rusak atau hilang, penerbitan Kartu Keluarga (KK), akta (cerai, kematian, kelahiran), pindah dalam & luar kabupaten, serta banyak layanan lainnya.

Setelah memilih layanan yang dimaksud, isi kembali data-data yang diminta seperti foto dan dokumen yang diperlukan, misalnya foto KTP dan KK untuk penerbitan KTP karena rusak, dan surat kehilangan dari kepolisian apabila memilih penerbitan KTP karena hilang.

Setelah semua data diisi dengan benar, tunggu 2-4 hari. Operator akan memproses pengajuan kita dan memberitahukan status pengajuan kita apakah telah selesai atau ada dokumen/kelengkapan yang kurang. Apabila tidak ada kendala, dokumen yang diajukan akan dikirimkan lewat Pos tanpa dikenakan biaya.

Penutup

Layanan digital Sidilan KBB memang cukup efektif untuk mengurangi antrian dan waktu pengerjaan. Layanan digital seperti ini diharapkan dapat diterapkan secara luas pada bidang-bidang lainnya sehingga APBD dapat digunakan secara maksimal dan dapat dirasakan oleh warga kabupaten/provinsi. Hal ini juga dapat mengurangi pungutan liar yang marak terjadi di layanan publik negara.