Tingkatkan Kemampuan AI ChatGPT Dengan WebGPT

webgpt extension.jpg
April 11, 2023
Share

AI chatbot yang viral ini memang dapat melakukan banyak hal, namun ChatGPT saat ini tidak dapat menelusuri pencarian internet seperti memberikan referensi maupun sumber-sumber yang tersedia di internet.

Hal ini karena ChatGPT tidak memiliki kemampuan menjelajah internet secara default, itulah mengapa kita memerlukan plugin tambahan agar ChatGPT dapat menelusuri internet dan menyertakan sumber-sumber online ketika menjawab pertanyaan atau permintaan kita.

Nama plugin ini adalah WebGPT, ekstensi Chrome yang memungkinkan ChatGPT dapat menelusuri internet, menyertakan sumber-sumber online dan memberikan referensi dari situs online (misalnya CNN, Crunchbase, Fox, Wikipedia, dan lain sebagainya).

cuplikan layar 2023 03 27 095006

Dengan ekstensi tersebut, kita dapat menentukan jumlah hasil pencarian (1-10 hasil), region, dan mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Web access.

cuplikan layar 2023 03 27 094208
ChatGPT sebelum dipasang plugin WebGPT
cuplikan layar 2023 03 27 094238
ChatGPT setelah dipasang plugin WebGPT

Misalnya kita akan mencari tahu tentang website maucariapa.com, ChatGPT akan menjelaskan tentang website tersebut dan memberikan referensi atau sumber online dari internet kedalam jawabannya, sehingga jawaban AI akan lebih kaya karena menambahkan sumber-sumber eksternal, tidak hanya pengetahuan internal saja.

cuplikan layar 2023 03 27 100800

Sayangnya, kueri atau pertanyaan yang dimasukkan harus dalam bahasa Inggris, rupanya WebGPT belum mengerti bahasa lain seperti bahasa Indonesia, saya coba menanyakan pertanyaan dalam bahasa Indonesia tapi jawabannya tetap dalam bahasa Inggris.

Ekstensi WebGPT dapat diunduh dari Chrome Web Store atau melalui link ini.

Recommended:  Mengatasi "Not Signed Into Apple Music" Pada iTunes