Indonesia Website Awards

Cara Menghapus Nomor Ponsel Dari Aplikasi GetContact

getcontat blocked.jpg

GetContact dapat digunakan untuk melacak nama dari nomor ponsel yang diinput manual atau melalui buku kontak, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki rating 3.9 dengan 2,57 juta ulasan pada saat artikel ini ditulis.

Berkat fitur tersebut, GetContact menjadi salah satu aplikasi yang sukses dan digunakan oleh banyak orang. Selain fungsi yang disebutkan di atas, pengguna dapat melihat nama mana yang dilampirkan ke nomor telepon tertentu di daftar kontak orang lain. Anda juga dapat menambahkan tag/nama kepada orang lain dengan bebas, baik tag positif maupun negatif. Dengan kata lain, Anda sekarang dapat melihat bagaimana orang lain menelepon Anda di daftar kontak mereka, dan Anda juga dapat memeriksanya untuk orang lain. Hal ini telah melanggar privasi orang lain.

Masalah Privasi & Keamanan

Dibalik kemudahan yang ditawarkan, ada masalah-masalah yang timbul, salah satunya privasi dan keamanan data pengguna. Aplikasi ini pada dasarnya dapat berbagi data dengan pihak ketiga, jadi dengan mengunduh aplikasi ini, Anda telah memberikan informasi seperti nama, nomor dan informasi pribadi lainnya kepada GetContact dan kemudian dijual ke perusahaan, pengirim spam atau bahkan penjahat siber, karena data-data tersebut sekarang banyak dijual secara online.

Penggunaan aplikasi ini menyebabkan dua masalah krusial yaitu pengembang yang terus menemukan inovasi baru untuk memanipulasi kita agar memberikan data-data pribadi kepada mereka, masalah lainnya yaitu kurangnya kesadaran kita terhadap pentingnya keamanan data pribadi dan privasi.

Cara Amankan Nomor Ponsel dari GetContact

Agar terhindar dari penyalahgunaan data oleh GetContact, kita dapat mengelola privasi kita di website resminya, kunjungi halaman ini untuk menolak GetContact menggunakan data pribadi kita. Pada halaman tersebut kita diharuskan login menggunakan nomor yang akan dinonaktifkan dari GetContact, kita dapat masuk menggunakan WhatsApp atau melalui SMS. Masuk melalui SMS kemungkinan dikenakan biaya pengiriman dan penerimaan pesan, jadi sebaiknya pilih masuk melalui WhatsApp saja karena gratis.

Recommended:  Tampilkan tangga nada di WordPress dengan plugin OSMD
annotation 2023 04 08 213110

Jika masuk melalui WhatsApp, kita akan diminta memilih sistem operasi yang digunakan (iOS/Android), selanjutnya kita harus memindai kode QR yang tampil di layar.

annotation 2023 04 08 2131101
annotation 2023 04 08 21311011

Setelah kode QR berhasil dipindai, kita akan diarahkan ke WhatsApp dan mengirimkan kode login berupa kombinasi angka yang akan digunakan untuk verifikasi masuk pengguna.

Setelah verifikasi dan proses login berhasil, Anda akan diarahkan ke dasbor profil GetContact.

annotation 2023 04 08 213110112

Pada halaman ini Anda dapat melepas tanda ceklis pada menu Visibility Settings, setelah tanda ceklis dilepas, nomor Anda tidak muncul lagi di GetContact. Pastikan Anda tidak menggunakan lagi aplikasi GetContact atau nomor Anda akan muncul lagi pada aplikasi tersebut.

Di beberapa wilayah seperti negara-negara di Eropa, GetContact diblokir oleh pemerintah karena berpotensi disalahgunakan untuk tindakan kejahatan siber, sedangkan di Indonesia sendiri, aplikasi ini masih bisa digunakan dan tidak dilarang oleh pemerintah.