Cara Mudah Membuat Hotlink Protection Di CloudPanel

hotlinkprotection cloudpanel.jpg
April 7, 2023
Share

Untuk mencegah hal ini, webmaster atau pengelola website biasanya menggunakan metode hotlink protection, metode ini cukup ampuh dalam menangani pencurian sumber daya seperti bandwidth. Hotlink protection juga dapat mencegah pelanggaran hak cipta, karena gambar atau video yang memiliki hak cipta tidak dapat ditampilkan di sembarang tempat.

Hotlink Protection di CloudPanel

Implementasi hotlink protection cukup mudah dilakukan, terutama di panel web seperti CloudPanel. Selain gratis, panel ini telah mendukung fitur hotlink protection melalui konfigurasi Vhost. Silakan baca petunjuk instalasi CloudPanel untuk AWS dan penyedia VPS lainnya.

Vhost sendiri yaitu konfigurasi virtual yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, pastikan Anda mengetahui dasar-dasar editing config di Nginx karena CloudPanel ini menggunakan Nginx sebagai webservernya. Pastikan juga mencadangkan konfigurasi saat ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya hotlink protection dapat diterapkan pada berbagai web server seperti Apache, Nginx atau openLiteSpeed, hanya konfigurasinya saja yang berbeda.

Langkah-langkah membuat Hotlink Protection

1. Masuk ke dasbor CloudPanel, kemudian masuk klik Manage pada website yang akan dipasangi hotlink protection.

cloudpanel dash

2. Pada bagian selanjutnya, klik tab Vhost, masukkan kode ini ke file konfigurasi:

Pastikan tidak melewati tanda } yang berada di bagian paling bawah. Setelah selesai ditambahkan, klik Save untuk menyimpan perubahan.

Konfigurasi ini akan memblokir semua permintaan gambar yang tidak memiliki referer atau memiliki referer yang tidak diizinkan. Anda dapat menyesuaikan daftar referer yang diizinkan dengan mengubah nilai `example.com` `*.example.com` pada baris `valid_referers`.

3. Restart Nginx dengan cara masuk ke Admin Area > Instance, kemudian klik Restart pada tab Nginx.

cloudpanel nginx

Kesimpulan

Dengan menggunakan hotlink protection, kita dapat mencegah orang tidak bertanggungjawab menggunakan gambar atau video dari website kita tanpa izin, hal ini juga bertujuan mencegah penggunaan bandwidth secara masif yang dapat menguras bandwith hosting kita.

Menurut @barryhunter (Diamond Product Expert) yang menjawab pertanyaan salah satu pengguna di forum Google Search Help, mengatakan bahwa anti-hotlinking tidak akan mempengaruhi SEO, namun cukup beresiko jika tidak dikonfigurasi dengan baik karena akan menimbulkan efek yang cukup serius.

Recommended:  Cara Mudah Membuat Server VPN Sendiri Dengan Outline