Cara Melakukan Transfer File Di Linux

Transfer antar perangkat memang bukan barang baru, terutama di era internet seperti sekarang ini, dimana metode transfer file yang cepat dan stabil menjadi suatu kebutuhan tersendiri.

Cara Melakukan Transfer File Di Linux


Setiap perangkat yang ada hari ini rata-rata memiliki metode transfer file sendiri, misalnya AirDrop untuk ekosistem Apple, dan Nearby Share untuk ekosistem Google (dan Windows).

Bagaimana dengan pengguna Linux? tentunya tidak ada aplikasi khusus untuk melakukan transfer file dari perangkat Android/Google ke Linux (Debian/Ubuntu atau Deepin). Namun kini hadir web app yang dapat digunakan untuk melakukan transfer file dari Android atau iOS ke semua distribusi Linux selama distribusi tersebut terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

PairDrop

PairDrop adalah alternatif untuk AirDrop yang hanya tersedia di ekosistem Apple, juga Nearby Share yang hanya tersedia di ekosistem Google dan Windows. PairDrop juga dapat menjadi jembatan untuk transfer file dari Android/Apple ke Linux.

Kirim gambar, dokumen, atau teks melalui koneksi peer to peer ke perangkat di jaringan lokal/Wi-Fi yang sama atau ke perangkat seluler. Karena berbasis web, PairDrop dapat berjalan di perangkat apapun.

Penggunaan

Untuk menggunakan PairDrop, langkah pertama yaitu hubungkan laptop dan Android/iOS ke jaringan yang sama. Misalnya saya akan membuat hotspot di Deepin dan Android akan dihubungkan ke hotpost tersebut.

KDE Connect

Walaupun memiliki branding KDE; salah satu Desktop Environment (DE) di Linux, nyatanya KDE dapat dipasang pada distribusi apapun seperti Ubuntu, Mint, Fedora dan lain-lain.

Hal ini karena fleksibilitas yang dimiliki oleh KDE Connect yang dapat dipasang pada semua distribusi, bahkan dapat dipasang di Windows, Sailfish dan macOS. Sehingga pengguna dapat menggunakannya secara lintas platform.

Penggunaan

Ada dua aplikasi yang diperlukan untuk melakukan sinkronisasi sehingga dapat memindahkan file antar perangkat, baik sesama perangkat seluler (Android & iOS) maupun perangkat PC dan Mac.

Setelah kedua perangkat saling terhubung, pengguna dapat melakukan transfer file, kontrol mouse & keyboard, multimedia, presentasi, notifikasi dan fitur lainnya.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan