Cara Instalasi Snap Di Deepin 20.9

Deepin OS adalah sistem operasi GNU/Linux yang berbasis Debian 11, jadi versi paket yang digunakan oleh Deepin OS (hampir) sama dengan Debian 11.

Cara Instalasi Snap Di Deepin 20.9


Misalnya paket Snap di Debian adalah versi 2.28, maka di Deepin juga versinya sama, dan harus di upgrade manual jika menginginkan versi yang lebih tinggi.

Setiap aplikasi atau paket di Linux memerlukan dependensi yang saling terhubung satu dengan lain, dengan banyaknya distro Linux yang ada, tidak jarang pengguna menghadapi kesulitan ketika menginstal aplikasi yang sama di distro yang berbeda.

Beberapa kesulitan yang dialami pengguna Linux yaitu versi dependensi dan paket yang berbeda-beda, banyaknya distribusi Linux dan grup paket. Yaitu aplikasi yang merupakan dari suatu grup tertentu. Amarok misalnya, aplikasi pemutar musik ini sebenarnya merupakan bagian dari KDE. Tetapi kita dapat menginstalnya secara terpisah menggunakan perintah sudo apt install amarok Jika menggunakan Ubuntu/Debian atau turunannya. Dan menggunakan perintah sudo yum install amarok atau sudo dnf install amarok jika menggunakan distro berbasis RPM/RedHat.

Sayangnya, ketika kita mengeksekusi perintah tersebut, sistem akan menginstal semua paket dan dependensi yang diperlukan ketika proses instalasi berjalan, bahkan paket yang tidak diperlukan pun ikut terinstal dan sulit dihapus karena terhubung dengan aplikasi amarok yang sedang digunakan.

Apa itu Snap?

Itulah mengapa, Snap dibuat untuk menyelesaikan dilema pengguna Linux dalam menghadapi instalasi paket maupun dependensinya.

Mengutip dari situs resminya, Snap adalah adalah aplikasi yang dikemas dengan semua dependensinya. Snap dapat diinstal menggunakan satu perintah snap install untuk menginstal aplikasi seperti Krita, VLC, VS Code, LXD dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan Snap.

Kelebihan Kekurangan
Pembaruan tersedia dengan cepat Memerlukan ruang penyimpanan lebih besar
Tidak bergantung pada pengelola paket Memerlukan waktu unduh lebih lama dibandingkan pengelola paket
Mudah digunakan siapa saja Lokasi file berbeda
Tidak ada jejak setelah paket dihapus Beberapa aplikasi tidak dapat dijalankan karena faktor tertentu
Lebih aman karena terpisah dari sistem
Tidak bergantung pada OS

Distribusi Linux yang didukung (berlaku untuk upstream dan downstream, misal Deepin 20.9 yang berbasis Debian 11, menggunakan konfigurasi Debian 11)

Instalasi Snap di Deepin 20.9

Untuk menginstal Snap di Deepin 20.9 kita dapat melakukannya menggunakan perintah sudo apt install snapd dan biarkan sistem melakukan instalasi hingga selesai.

Setelah instalasi berhasil, aktifkan service snapd menggunakan perintah snap install core. Perintah ini akan mengunduh komponen penting Snap yaitu Core.

Karena versi Snap yang ada di repository Deepin adalah 2.37, sedangkan beberapa aplikasi snap memerlukan versi yang lebih tinggi, kita dapat memperbarui versi snap dan core.

Untuk memperbarui Snap, lakukan perintah snap install snapd, sedangkan untuk memperbarui core, lakukan perintah snap install core --beta untuk mendapatkan Core20.

🚧
Versi terbaru Core22 belum didukung oleh Deepin 20.9

Instalasi Aplikasi Melalui Snap

Untuk menginstal aplikasi, kita hanya perlu mengeksekusi perintah snap install <nama aplikasi>, misal VLC, maka perintahnya adalah snap install vlc. Tunggu hingga instalasi selesai, dan aplikasi siap digunakan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang dapat di instal di Snap, kunjungi link ini:

Install Linux apps using the Snap Store | Snapcraft
Find and install the best Linux software for all major Linux distributions.

Kesimpulan

Itulah cara mudah menginstal dan konfigurasi Snap di Deepin 20.9, cara ini juga dapat digunakan di Debian, Ubuntu dan semua distribusi Linux yang berbasis Debian atau Ubuntu.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan