Cara mudah flash ulang Blackview Tab 9

flash blackview tab9
April 3, 2024

Tab ini merupakan tab entry level dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 2 jutaan, namun sayangnya merk Blackview terutama tab mereka tidak terlalu populer, sehingga tidak banyak tutorial yang dapat ditemukan mengenai cara melakukan flash ulang jika perangkat mengalami error atau corrupt sehingga mengharuskan di flash.

Setelah melakukan beberapa percobaan, akhirnya saya berhasil melakukan flash ulang pada tab ini, dan ternyata caranya cukup mudah.

Unduh ROM Blackview Tab9

Sebelum mengunduh driver dan aplikasi yang akan digunakan, ada baiknya kita mengunduh terlebih dahulu ROM bawaan untuk Blackview Tab9 dari halaman ini. atau bisa juga dari situs lain selama tidak mengandung malware.

Ekstrak file yang sudah diunduh hingga tersisa file .bin saja, nantinya file ini akan digunakan sebagai stock ROM untuk Blackview Tab9.

Unduh SPD Driver dan aplikasi SPD Flash Tool

Karena Blackview Tab 9 menggunakan prosesor Unisoc (sebelumnya Speadtrum), kita akan menggunakan SPD Driver dan SPD Flash Tool yang di khususkan untuk perangkat berbasis Unisoc (sebelumnya Speadtrum). Silakan gunakan SPD Flash Tool versi terbaru, karena Tab 9 kompatible dengan semua versi aplikasi tersebut.

Setelah driver dan aplikasi di unduh, Anda tinggal menginstalnya dengan mengikuti petunjuk instalasi yang ada.

Jalankan SPD Flash Tool

Setelah aplikasi di instal, selanjutnya buka aplikasi tersebut dan akan tampil jendela aplikasi SPD Flash Tool

Tekan tanda > untuk mulai melakukan flash, aplikasi akan meminta lokasi stock ROM yang akan digunakan. Pilih lokasi file ROM tadi, klik OK untuk melanjutkan.

screenshot 2024 03 07 094233

Pastikan tab dalam keadaan mati, tekan tombol volume bawah baru colok kabel USB ke perangkat, proses flash akan berjalan secara otomatis tanpa perlu menekan tombol apapun. Setelah proses flash dimulai, lepaskan tombol volume bawah dan tunggu hingga proses tersebut selesai.

Recommended:  Cara Membuat Hotspot Di Ubuntu 22.04
screenshot 2024 03 07 094453

Jika Device Manager dibuka, akan tampil dua port baru seperti pada gambar dibawah ini.

screenshot 2024 03 07 094438

Setelah proses flash selesai, perangkat akan melakukan restart dan masuk ke halaman penyiapan (sama seperti ketika baru dinyalakan).

Penutup

Itulah langkah mudah melakukan flash pada perangkat berbasis Unisoc seperti Blackview Tab9, metode yang sama dapat dilakukan pada ponsel atau tab lainnya yang menggunakan prosesor Unisoc, seperti Advan Sketsa 2.