68ce1713

Tips KUPU Bagi Pengusaha Dalam Menghadapi Lesunya Ekonomi

KUPU (www.kupu.id), platform digital berbasis AI yang mempertemukan para pencari kerja dengan pemberi kerja melalui profil berbasis keterampilan yang dinamis, membagikan pandangannya untuk membantu pemberi kerja menghadapi ancaman resesi. KUPU melihat tingginya permintaan dan kebutuhan akan pekerja fleksibel sebagai potensi bagi pemberi kerja.

📢 Info
Artikel mungkin berisi link afiliasi, kami menerima sedikit komisi dari link tersebut.

 

Menghadapi masa resesi, KUPU ingin membantu proses rekrutmen menjadi lebih efektif. “Perekonomian Indonesia mulai bangkit dari pandemi, tetapi ketegangan (ekonomi) sedang terjadi secara perlahan di dunia, dan Indonesia tidak terbebas dari masalah ini,” ujar Andry The, Chief Information Officer.

banner press release job provider resetion 03
Screening Kandidat di Awal Mempermudah Proses Rekrutmen

Peluang Kerja Fleksibel (Flexible work)

Saat keadaan ekonomi suram, langkah pertama yang diambil pemberi kerja terutama perusahaan kecil dan menengah adalah mengurangi jumlah karyawan. Pascapandemi, saat situasi perekonomian di berbagai negara mulai pulih dan bangkit, pengurangan karyawan dapat menjadi masalah. Namun, HRD bisa mengubah situasi ini menjadi menguntungkan jika mereka telah melakukan persiapan. “Aplikasi kami bebas biaya dan dilengkapi fitur yang memastikan perusahaan tetap memiliki tenaga kerja untuk melewati resesi yang akan datang,” tambah Andry.

KUPU mendorong konsep kerja fleksibel dan membuka kesempatan baru bagi pencari kerja mendapatkan pekerjaan berjangka panjang, pendek, paruh waktu, berbasis proyek, dan jarak jauh. Zarkasih Ramadan, Manajer HR PT Sinergi Integra Services dan pengguna setia KUPU mengatakan, “Dalam kurun waktu 3 hari menggunakan aplikasi KUPU, saya bisa menemukan lebih dari 100 kandidat pekerja.”

Membantu Pengusaha Indonesia Tangguh Menghadapi Resesi

Berikut beberapa saran KUPU bagi pemberi kerja dalam menghadapi resesi.

Pandang resesi sebagai kesempatan berkembang

Pada kondisi yang tidak menentu ini, hal penting yang harus dilakukan pemberi kerja adalah membuat rencana sebagai panduan menjalankan bisnis. Pertimbangkan tujuan dan prioritas bisnis, serta petakan jabatan strategis dan area bisnis penting yang mungkin perlu bantuan tambahan saat resesi datang. Ambil tindakan proaktif ketimbang reaktif. Hal ini akan menempatkan Anda satu langkah di depan persaingan.

Hindari menghentikan perekrutan

Reaksi awal terhadap ketidakpastian ekonomi adalah menghentikan perekrutan. Keputusan ini memang secara langsung berimbas pada penghematan biaya karena perusahaan berfokus pada karyawan yang ada. Namun, penghematan biaya hanya akan berlangsung dalam jangka pendek. Menghentikan perekrutan justru berpotensi menghambat perkembangan bisnis.

Perusahaan yang cenderung menghentikan perekrutan berisiko kehilangan pendapatan. Hal ini karena karyawan yang ada rentan mengalami kelelahan sehingga berpotensi menurunkan kualitas pelayanan serta produk.

Prioritaskan kerja fleksibel

Agar bisnis berlanjut, penting untuk memprioritaskan posisi strategis di perusahaan yang akan berdampak besar pada pendapatan perusahaan. Pertimbangkan untuk memberi tugas yang lebih banyak kepada karyawan serta memberikan insentif pada fungsi yang kurang penting. Sementara waktu, Anda juga bisa menggunakan pekerja lepas atau kontraktor independen untuk menjalankan beberapa posisi.

Para pencari kerja yang ingin meningkatkan keterampilan atau mempersiapkan diri menghadapi peluang baru, dapat mengunduh aplikasi KUPU dari Apple Store atau Google Play Store.

Untuk informasi lebih lanjut tentang mempersiapkan diri menghadapi resesi, kunjungi https://www.kupu.id/.

Tentang KUPU

KUPU adalah platform rekrutmen digital yang menghubungkan para penyedia dan pencari kerja yang didirikan pada 2021. Platform ini menyediakan kursus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta memastikan setiap pencari kerja memperoleh kesempatan yang sama. Dalam rangka memperluas jangkauannya dan memperkuat sektor ketenagakerjaan di Indonesia, KUPU terbuka berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak, baik sektor publik maupun swasta.





Tanggal:

| Topik:

Penulis:

Tag:


Sumber pendapatan MauCariApa.com berasal dari iklan dan tautan afiliasi, kami akan mendapat komisi kecil. Tetapi ada beberapa cara lain seperti berkontribusi pada platform Nih Buat JajanPayPal, atau dengan membeli karya Belajar WordPress (seri artikel ini gratis, pembelian dimaksudkan sebagai pengganti donasi).


 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *