Respon AlmaLinux Terhadap RedHat Yang Batasi Akses Kode Sumber RHEL

almalinux.jpg
July 26, 2023
Share

Meskipun Red Hat masih merupakan bagian dari komunitas open source dan Linux, Red Hat tidak memiliki reputasi yang cukup berpengaruh di komunitas. Misalnya ketika mereka memperkenalkan CentOS Stream sebagai upstream langsung ke Red Hat dan menghentikan proyek CentOS.

Red Hat mengumumkan mereka akan merilis kode sumber RHEL melalui customer portal, sehingga hal ini mengakibatkan distro seperti Oracle Linux, AlmaLinux, Rocky yang merupakan alternatif CentOS (dan juga RHEL) setelah proyek tersebut dihentikan kini terancam tidak dapat memberikan pembaruan kepada pengguna mereka karena kode sumber RHEL yang dibatasi oleh Red Hat.

Hal ini juga terlihat pada sebuah tweet RedHat yang di-RT oleh Chris Titus Tech (@christitustech), seorang musisi, tech enthusiast dan konten kreator yang mengatakan bahwa kode sumber RHEL9 dapat tetap diakses jika kita memiliki langganan aktif RedHat. Dia juga menambahkan mungkin ini tanda kematian untuk distro seperti Rocky, Alma dan Oracle Linux.

Pada sebuah tweet, mereka juga mengatakan bahwa pengguna tidak perlu khawatir tentang keamanan dan pembaruan sistem, karena mereka sedang berdiskusi dengan Red Hat mengenai perubahan yang terjadi pada RHEL.

AlmaLinux dalam sebuah postingan blog mengungkapkan bahwa mereka saat ini sedang mencari solusi terbaik untuk mengatasi pembatasan akses kode sumber RHEL yang merupakan ‘roh’ untuk semua distro Linux berbasis RHEL.

Masih pada postingan tersebut, AlmaLinux menyatakan bahwa solusi yang akan digunakan saat ini yaitu tetap menggunakan kode sumber CentOS Stream yang merupakan downstream resmi RHEL yang tersedia saat ini.

AlmaLinux juga mengatakan bahwa hubungan mereka dengan Red Hat baik-baik saja sejauh ini dan akan tetap melanjutkan hubungan baik tersebut di masa depan.

Recommended:  OPPO ColorOS 12 Meraih Empat Penghargaan Desain di Red Dot Award: Brands & Communication Design 2022