Respon Rocky Linux Terhadap Kebijakan Baru Red Hat

Nampaknya kebijakan baru yang (akan) diterapkan oleh Red Hat, yaitu kode sumber yang hanya tersedia untuk pengguna yang berlangganan terus menimbulkan kritik dan perlawanan.

Respon Rocky Linux Terhadap Kebijakan Baru Red Hat


Sebelumnya, AlmaLinux merespon kebijakan baru Red Hat tersebut namun secara halus, tidak menyerang secara frontal. Mereka lebih memilih mencari solusi alternatif seperti menggunakan kode dari CentOS Stream (didukung penuh oleh Red Hat) dan sumber lain sehingga tidak menjadikan RHEL/CentOS sebagai upstream mereka.

Berbeda dengan Rocky Linux, mereka menemukan cara sendiri untuk bertahan hidup, komunitas di Rocky berhasil melewati pembatasan akses kode sumber ke RHEL dan dapat terus mempertahankan akses kesana.

Metode yang mereka gunakan yaitu menggunakan cloud image, mereka menggunakan sistem RHELL dan menggunakannya untuk mengunduh sumbernya dan metode ini dapat dilakukan secara otomatis.

Walaupun didukung oleh Google dan AWS, nampaknya Rocky Linux enggan mengikuti kemauan Red Hat yang menginginkan menginginkan orang-orang membayar (dengan sangat mahal) untuk mengakses kode sumber produk mereka.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan