Meta Sedang Mengerjakan Chip AI Terbaru Mereka

meta new ai.jpg
May 30, 2023
Share

Meta sedang membangun chip khusus pertamanya khusus untuk menjalankan model AI, perusahaan mengumumkan pada hari Kamis lalu.

Saat Meta meningkatkan upaya AI-nya – CEO Mark Zuckerberg baru-baru ini mengatakan perusahaan melihat “peluang untuk memperkenalkan agen AI kepada miliaran orang dengan cara yang akan berguna dan bermakna” – chip dan rencana infrastruktur lainnya yang diungkapkan Kamis dapat menjadi alat penting untuk Meta untuk bersaing dengan raksasa teknologi lainnya juga menginvestasikan sumber daya yang signifikan ke dalam AI.



Chip MTIA Meta yang baru, yang merupakan singkatan dari Meta Training and Inference Accelerator, adalah “keluarga chip akselerator kustom internal yang menargetkan beban kerja inferensi,” Meta VP dan kepala infrastruktur Santosh Janardhan menulis dalam posting blog.

Chip tersebut tampaknya memberikan “daya komputasi dan efisiensi yang lebih besar” daripada CPU dan “disesuaikan untuk beban kerja internal kami”. Dengan kombinasi chip MTIA dan GPU, Janardhan mengatakan bahwa Meta yakin “kami akan memberikan kinerja yang lebih baik, penurunan latensi, dan efisiensi yang lebih besar untuk setiap beban kerja.”



MTIA bisa menjadi keuntungan besar bagi Meta, terutama mengingat permintaan daya komputasi AI yang semakin tinggi. Tetapi TechCrunch melaporkan bahwa chip MTIA tampaknya masih jauh: tidak akan dirilis hingga tahun 2025.

Recommended:  Alibaba International kenalkan AI Suite "Aidge"