Layanan IM ICQ resmi ditutup setelah beroperasi selama 28 tahun

icq shutdown

Perusahaan Rusia, VK yang menjadi pengelola layanan ini sejak 2010, menerbitkan pesan yang hanya berbunyi, “ICQ akan berhenti bekerja mulai 26 Juni,” dan meminta pengguna untuk beralih ke solusi obrolan lainnya.

ICQ adalah salah satu layanan IM (Instanst Messaging) yang rilis lebih awal dari AOL Messenger dan MSN Messenger, yang memungkinkan obrolan waktu nyata. IM berbeda dari aplikasi obrolan seperti WhatsApp atau Telegram yang memerlukan nomor ponsel untuk terhubung satu sama lain, bukan dengan alias atau alamat email. IM juga memiliki fitur yang tidak biasa seperti pesan SMS dan kemampuan untuk mengirim pesan kepada orang-orang yang sedang offline.

Ini adalah akhir dari legenda internet yang memulai pengiriman pesan instan di PC pada tahun 1990-an. ICQ, yang merupakan singkatan dari “I Seek You”, awalnya dikembangkan di sebuah perusahaan Israel bernama Mirabilis sebelum AOL membelinya pada tahun 1998 senilai $407 juta.

ICQ, yang dirilis beberapa bulan sebelum aplikasi pesan instan milik AOL, memiliki 100 juta pengguna terdaftar pada tahun 2001. Namun seiring berjalannya waktu, ICQ kalah dari aplikasi pesan instan dan obrolan ponsel pintar pesaingnya. Pada tahun 2010, VK membeli ICQ dengan tujuan untuk merevitalisasi ICQ karena aplikasi pesan instan tersebut cukup populer di Rusia.

VK mengembangkan ICQ versi seluler, yang membantu klien berkembang pada tahun 2014. Namun setelah beberapa upaya untuk memodernisasi perangkat lunak, pengembangan aplikasi tersebut terhenti. Baik versi iOS dan Android telah dihentikan dari App Store dan Google Play, menurut Techspot.

be624578
Pesan selamat tinggal ICQ. Image credit: ICQ

VK tidak menanggapi permintaan komentar. Namun penutupan ICQ menunjukkan bahwa perusahaan tersebut lebih memilih menghentikan aplikasinya daripada terus mengeluarkan uang untuk itu. VK mengoperasikan platform media sosial mirip Facebook, bersama dengan VK Messenger, yang memiliki lebih dari 10 juta unduhan di Google Play. Namun, akun X/Twitter untuk ICQ mengisyaratkan akan kembalinya mereka dalam format atau mungkin pemilik baru.

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading