Intel Resmi Batalkan Proyek Thunder Bay

intel thunderbay.jpg

Saya cukup kaget ketika tahu bahwa proyek Thunder Bay tidak dilanjutkan oleh Intel, padahal proyek ini telah digagas oleh Intel sejak 2021-an lalu. Kode driver untuk proyek sebenarnya telah ditambahkan kedalam kernel Linux sejak 2022 lalu.

Mengutip dari Phoronix, Thunder Bay sendiri adalah SoC yang awalnya merupakan perpaduan dari CPU Intel Xeon dan VPU Movidius, Intel mengakuisisi Movidius pada tahun 2016 silam untuk desain prosesor computer vision (CV) berdaya rendah. Movidius sendiri berkontribusi pada beberapa proyek seperti Intel Neural Computer Stick, drone, kamera pelacakan IntelRealSense, dan terbaru yaitu VPU Intel Movidius 3700VC.

Dukungan untuk Thunder Bay mulai terlihat di kernel Linux pada tahun 2021 dan pengembangannya terus dilakukan hingga tahun 2022.

linux code driver
Baris kode driver Thunder Bay di kernel Linux. Image credit:Phoronix

Tidak banyak informasi resmi yang beredar tentang Thunder Bay ini, tetapi kode sumber pada kernel Linux cukup membantu menjelaskannya. Kode sumber ini juga mengungkap eksistensi proyek SoC Thunder Bay ke publik. Meskipun merupakan campuran antara inti Intel x86 dan inti VPU Movidius, bentuk finalnya kemungkinan adalah ARM Cortex A53 dengan VPU Movidius.

Dengan berhentinya proyek ini, kode sumber yang sebelumnya masih ada di kernel Linux akan dihapus melalui pembaruan mendatang yang akan menghapus semua baris kode yang berhubungan dengan Thunder Bay.


Discover more from MauCariApa.com

Subscribe to get the latest posts to your email.

Recommended:  Facemoji Keyboard Indonesia TikTok Dance Challenge Mengumpulkan Satu Juta Lebih Peserta

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading