wp cpanel

Instalasi WordPress Pada cPanel

  1. Persiapan Membuat Situs WordPress
  2. Mengenal Perbedaan WordPress.com & WordPress Self-Host
  3. Cara Memilih Hosting Yang Tepat
  4. Cara Mudah Memasang WordPress Menggunakan WP Hosting
  5. Instalasi WordPress Pada cPanel

Pada artikel sebelumnya, saya telah mencoba membuat situs WordPress menggunakan WP Hosting dari penyedia layanan IDCloudHost. Di artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana membuat situs WordPress pada cPanel.

📢 Info
Artikel mungkin berisi link afiliasi, kami menerima sedikit komisi dari link tersebut.

 

Secara singkat, cPanel adalah antarmuka grafis (GUI) berbasis Linux online yang digunakan sebagai panel kontrol untuk menyederhanakan manajemen situs web dan server. cPanel memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan situs web, mengelola domain, mengatur file web, membuat akun email, dan banyak lagi.

cPanel tidaklah gratis, namun saat ini penyedia hosting menggunakan cPanel sebagai platform yang digunakan, sehingga memudahkan pengguna dalam mengelola server/hosting mereka.

Langkah-Langkah Instalasi WordPress

Saya tidak akan banyak menjelaskan bagaimana memesan hosting menggunakan cPanel, karena pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan bagaimana memesan dan memasang WordPress dengan mudah menggunakan WP Hosting. Masih menggunakan layanan dari IDCloudHost, kita dapat mengunjungi laman https://www.idcloudhost.com kemudian pilih Produk > Domain & Hosting > Cloud Hosting.

Pada artikel ini, saya akan memesan paket Starter Pro untuk satu bulan, dengan storage 1 GB dan virtual memory 512 MB, bandwidth dan database unlimited.

screen shot 2022 11 10 at 07.01.01

Setelah memilih paket hosting, selanjutnya kita tinggal masuk atau membuat akun IDCloudHost, dan akses dasbor IDCloudHost. Kita juga akan mendapatkan notifikasi berupa konfirmasi layanan, invoice dan info kata sandi & nama pengguna ke email yang didaftarkan.

Pada layanan ini, penyedia layanan menawarkan paket tambahan yaitu Spamexpert Outgoing Scanning, dengan harga IDR 30.000/bulan. Fitur ini berfungsi untuk menangkal spam yang masuk ke server/hosting kita.

Lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera di layar agar layanan dapat segera digunakan.

Masuk ke Dasbor cPanel

Domain yang saya gunakan adalah belajarwp.masuk.id (menggunakan sub- domain gratis dari IDCloudHost). Karena belum ada isinya dan belum dipasang aplikasi web seperti WordPress, tampilan websitenya hanya menampilkan direktori cgi-bin.

screen shot 2022 11 10 at 08.35.14

Agar dapat masuk ke dasbor cPanel dengan mudah, pertama-tama kita masuk dulu ke dasbor IDCloudHost. Setelah berhasil masuk, pilih menu Service > My Service lalu pilih layanan Cloud Hosting yang kita telah pesan sebelumnya.

Setelah memilih layanan Cloud Hosting, cari menu Login to cPanel di sebelah kiri.

screen shot 2022 11 10 at 08.48.19

Setelah masuk ke cPanel, cari Menu Software dan pilih WordPress Manager by Softaculous, klik menu Install untuk memasang WordPess.

Instalasi WordPress

Instalasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara manual dengan mengunggah file wordpress di folder public_html, membuat database dan nama pengguna & kata sandi secara manual. Alternatifnya, kita dapat menggunakan cara instan yaitu menggunakan

screen shot 2022 11 10 at 10.15.37

Setelah mengklik tombol Install, kita akan melakukan beberapa konfigurasi seperti mengatur nama pengguna, kata sandi, nama database, tema dan plugin yang nantinya terpasang secara otomatis pada proses instalasi ini.

Software Setup

Pada bagian ini, kita dapat mengatur protokol yang akan digunakan (http atau https), dan versi WordPress yang akan digunakan.

Site Settings

Setelah sebelumnya kita mengatur protokol yang digunakan dan versi WordPress, langkah selanjutnya mengatur nama situs, deskripsi/tagline, nama pengguna, kata sandi dan email admin.

screen shot 2022 11 10 at 10.21.46

Choose Language & Select Plugin(s)

Kita diperbolehkan memilih bahasa dan plugin yang diinginkan, nantinya plugin ini akan terpasang otomatis ketika instalasi WordPress telah selesai.

screen shot 2022 11 10 at 10.22.00

Advanced Option

Pada opsi ini, kita dapat mengubah nama database, konfigurasi upgrade dan backup.

screen shot 2022 11 10 at 10.22.26

Kita juga dapat mengatur pencadangan otomatis, rotasi backup dan pengaturan lainnya.

Opsi ini tidaklah wajib, namun ada baiknya kita mengatur nama pengguna dan kata sandi, agar kita tidak kesulitan ketika ingin mengakses database dari phpMyAdmin.

Select Theme

Langkah terakhir, yaitu memilih tema. Pada bagian ini kita dapat memilih tema yang sesuai dengan keinginan kita. Namun saya sendiri lebih senang menggunakan tema bawaan WordPress karena tidak perlu memasang tema pihak ketiga. Saya akan menggunakan tema Twenty Twenty Three untuk website belajarwp.masuk.id.

screen shot 2022 11 10 at 10.23.00

Setelah semua langkah diatas diselesaikan, selanjutnya klik Install dan website kita akan segera tersedia setelah instalasi selesai.

Pengujian

Setelah proses instalasi selesai, kita dapat langsung mengakses alamat website yang telah dibuat tadi, pada artikel ini saya menggunakan nama http://belajarwp.masuk.id (untuk menggunakan protocol https, kita memerlukan sertifikat baik yang berbayar seperti SectigoRSA atau yang gratis seperti Let’s Encrypt.

screen shot 2022 11 10 at 13.20.56

Gambar diatas menunjukkan website yang baru saja dibuat dapat diakses dengan baik, tema yang digunakan yaitu Twenty Twenty Three juga telah terpasang.

Sama seperti pada artikel sebelumnya, untuk mengakses dasbor WordPress, tambahkan wp-admin pada akhir nama domain sehingga menjadi http://belajarwp.masuk.id/wp-admin.

screen shot 2022 11 10 at 13.38.32

Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang telah dibuat, apabila nama pengguna dan kata sandi yang dimasukkan benar, kita akan diarahkan ke dasbor WordPress.

screen shot 2022 11 10 at 13.40.51

Setelah berhasil masuk ke dasbor WordPress, kita dapat menambah atau menghapus plugin, mengganti tema dan membuat artikel.

Penutup

Itulah tutorial singkat mengenai cara instalasi WordPress di cPanel. Sebenarnya proses instalasi WordPress baik di wp hosting, shared hosting atau VPS sekalipun sama saja, asal kita sudah mengerti konsepnya.

Apabila ada pertanyaan silakan hubungi saya melalui email [email protected]





Tanggal:

| Topik:

Penulis:


Sumber pendapatan MauCariApa.com berasal dari iklan dan tautan afiliasi, kami akan mendapat komisi kecil. Tetapi ada beberapa cara lain seperti berkontribusi pada platform Nih Buat JajanPayPal, atau dengan membeli karya Belajar WordPress (seri artikel ini gratis, pembelian dimaksudkan sebagai pengganti donasi).


 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *