7 Plugin Wajib Untuk Pengguna WordPress

Jika Anda baru mengenal WordPress, mungkin timbul pertanyaan "Apa sih plugin itu?". Pertanyaan ini cukup umum bagi pemula atau yang baru menggunakan WordPress.


Pada artikel ini, kami akan membahas apa yang dimaksud plugin, dan plugin apa saja yang wajib dimiliki pengguna WordPress.

Plugin WordPress pada dasarnya adalah baris kode yang dimuat terpisah dari kode inti WordPress, sehingga sangat mudah dipasang dan dilepas. Plugin juga dapat meningkatkan fitur, fungsionalitas dan produktivitas website WordPress kita. Secara sederhana, plugin adalah software yang mudah dilepas dan dipasang.

Ada banyak plugin yang tersedia di internet, dan hal ini cukup membingungkan mereka yang baru mengenal WordPress. Contohnya, ketika kita mengetik "plugin analytic wordpress" maka akan tampil puluhan bahkan ratusan hasil dan kita harus mencobanya satu persatu.

Berikut ini 5 plugin yang wajib dipasang di website WordPress:

  1. MonsterInsights
    Salah satu faktor penting dalam website adalah mengukur pengunjung, iklan dan tren pengguna. Google telah menjawab kebutuhan tersebut melalui Google Analytics, yaitu alat analisis web gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda menganalisis lalu lintas di website Anda. Namun untuk mengaksesnya, Anda harus masuk ke dasbor Google Analytic secara terpisah. MonsterInsights menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Dengan MonsterInsights, Anda tidak perlu bolak balik antar dasbor atau membuka beberapa tab browser. Anda hanya perlu mengakses dasbor WordPress dan lakukan semuanya disana.
    Kunjungi MonsterInsights↗
  2. OptinMonster
    OptinMonster adalah plugin yang cocok untuk agensi, blogger, website e-commerce dan bisnis kecil-menengah. Plugin ini memungkinkan Anda membuat dan mengintegrasikan formulir pendaftaran dan langganan email yang sangat efektif di website Anda. OptinMonster kompatibel dengan penyedia layanan populer seperti Aweber, MailChimp dan lainnya.
    Kunjungi OptinMonster ↗
  3. WPForms
    Formulir kontak, konfirmasi transfer atau formulir lainnya sangat mudah dibuat di WordPress, ada banyak plugin formulir di internet, namun WPForms merupakan plugin formulir yang mudah digunakan oleh siapa saja. Dengan template bawaan yang memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan tanpa membuang waktu.
    Kunjungi WPForms ↗
  4. Updraft Plus
    Faktor penting lainnya yaitu pencadangan. Dengan melakukan pencadangan, Anda dapat mengamankan data Anda atau mengembalikan data maupun pindah hosting dengan mudah. Kami mengandalkan Updraft Plus karena sangat praktis dan andal ketika kami migrasi dari hosting lokal ke VPS.
    Kunjungi Updraft Plus ↗
  5. WP Rocket
    WP Rocket merupakan plugin pengoptimalan caching untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan pemuatan website WordPress. Anda dapat menginstal dan mengkonfigurasi WP Rocket dalam waktu kurang dari 3 menit. WP Rocket digunakan oleh website seperti Elementor dan WPML.
    Kunjungi WP Rocket ↗
  6. Yoast SEO
    SEO (Search Engine Optimization) adalah proses meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas situs web ke situs web atau halaman web dari mesin pencari. SEO menargetkan lalu lintas tidak berbayar daripada lalu lintas langsung atau lalu lintas berbayar. Untuk menerapkan SEO di WordPress, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO yang memudahkan situs Anda memenuhi standar SEO tanpa berurusan dengan baris kode.
    Kunjungi Yoast SEO ↗
  7. Advanced Ads
    Setelah membuat konten, hal lainnya yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan penghasilan, dapat berupa iklan maupun konten berbayar. Namun hal yang paling mudah Anda terapkan adalah iklan dan Adsense memberikan kemudahan untuk memasang iklan di web Anda. Namun unruk memasang iklan, Anda harus mendaftar ke Google AdSense terlebih dahulu, setelah disetujui, Anda dapat mulai memasang iklan. Untuk menempatkan iklan yang enak dipandang dan rapi, Anda dapat menggunakan Advanced Ads yang dapat mengatur tata letak iklan dengan mudah.
    Kunjungi Advanced Ads ↗

Itulah 7 plugin yang penting dan wajib dipasang oleh pengguna WordPress, terutama pengguna pemula atau yang baru menggunakan WordPress.

Langganan Newsletter MauCariApa.com

Dapatkan artikel terbaru langsung ke email Anda. Kami mengirimkan newsletter mingguan, bukan spam!

WordPress
Plugin
Share: