9860f8ad

Cara Mudah Memasang WordPress Menggunakan WP Hosting

  1. Persiapan Membuat Situs WordPress
  2. Mengenal Perbedaan WordPress.com & WordPress Self-Host
  3. Cara Memilih Hosting Yang Tepat
  4. Cara Mudah Memasang WordPress Menggunakan WP Hosting
  5. Instalasi WordPress Pada cPanel
  6. Cara Memasang Plugin Di WordPress Scheduled for 9 December 2022

Ada banyak cara yang dapat digunakan dalam pemasangan WordPress, salah satunya yaitu melalui metode manual. Namun cara ini cukup sulit dilakukan oleh pemula atau pengguna yang baru menggunakan WordPress.

📢 Info
Artikel mungkin berisi link afiliasi, kami menerima sedikit komisi dari link tersebut.

 

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana mengelola dan menggunakan WordPress Hosting dari penyedia layanan lokal, IDCloudHost yang beberapa waktu lalu meluncurkan produk VPS mereka dengan harga yang cukup terjangkau (akan dibahas pada artikel lain).

0e4fe55e

Langkah-Langkah Pembelian WordPress Hosting

Pembelian dan Pemesanan Layanan

Untuk memesan layanan WordPress Hosting, kunjungi website resmi IDCloudHost www.idcloudhost.com, lalu pilih menu Produk > WordPress Hosting. Setelah itu, pilih harga dan spesifikasi yang sesuai; pada artikel ini, saya membeli paket termurah yaitu paket Entry Small.

Paket Entry Small ini memiliki spesifikasi penyimpanan sebesar 1 GB, unmetered bandwidth dan menggunakan web server LiteSpeed. Harga untuk paket dengan spesifikasi tersebut yaitu IDR 5.000/bulan, cukup untuk digunakan belajar membuat website berbasis WordPress.

Pilih atau Beli Domain

Setelah memilih paket yang akan dipesan, langkah selanjutnya yaitu memilih/transfer domain yang telah ada atau membeli domain baru. Untuk pembelian domain baru, kita hanya perlu menuliskan nama domain yang kita inginkan beserta ekstensinya (.com, .net, .org, .id dll), apabila nama domain yang inginkan tersedia, maka sistem akan memproses pesanan tersebut, sehingga ada dua produk yang ada di keranjang belanja kita. Sedangkan untuk transfer domain, kita akan diminta mengganti nameserver/DNS yang digunakan sekarang menjadi nameserver yang disediakan oleh penyedia layanan.
Pada artikel ini, saya akan menggunakn sub-domain yang telah disediakan oleh penyedia (sub-domain ini bersifat gratis selama produk yang kita beli aktif).

f8246d1a

Misalnya saya menggunakan nama belajarwp, karena saya menggunakan sub-domain gratis dari IDCloudHost yang menggunakan domain utama hack.id, jadi nama websitenya adalah belajarwp.hack.id.

c4143260

Konfigurasi Pesanan

Setelah selesai menentukan nama domain, langkah selanjutnya yaitu konfigurasi pesanan kita, tahapan ini memungkinkan mengubah pembayaran paket layanan menjadi bulanan, setengah tahun, atau bahkan tahunan.

9a7baf6b

Masih pada tahapan ini, selain bisa mengubah biaya paket layanan, kita juga dapat mengatur lokasi negara, nama pengguna dan kata sandi yang nantinya akan digunakan untuk masuk ke dasbor WordPress. Hal ini sangat penting karena kita akan kesulitan masuk apabila asal-asalan memasukkan nama pengguna dan kata sandinya.

eeefe4fa

Review & Checkout

Setelah semuanya diisi dengan benar, selanjutnya kita akan memeriksa kembali data yang sudah dimasukkan.

fad26497

Jangan lupa untuk mengisi informasi billing seperti nama lengkap, email, alamat dan nomor telepon. Data ini juga akan digunakan untuk identitas akun di IDCloudHost.

9b20dc88

Setelah mengisi identitas, pilih opsi pembayaran seperti dibawah ini

9c05fbae

Karena kita menggunakan instant payment/e-wallet, jadi kita tidak perlu menggunakan opsi pembayaran diatas. Kita hanya perlu melanjutkan pembayaran dengan mengklik tombol Checkout.

043c9683

Sistem akan melanjutkan pembayaran dan mengarahkannya ke website Dana, karena kita memilih e-wallet Dana.

81fdab50

Isi nomor handphone dan PIN kita, untuk mengonfirmasi kepemilikan nomor yang kita masukkan tadi.

ebd15028

Setelah memasukkan PIN, selesaikan pembayaran.

aa7d82b7

Bayarkan sesuai nominal yang tertera di layar, jangan lupa masukkan PIN. Sistem dana akan mengonfirmasi pembayaran kemudian kita akan diarahkan kembali ke website IDCloudHost.

c25bab84

Setelah memasukkan PIN dengan benar, sistem akan menampilkan pembayar sukses di layar.

d7fdb66f

IDCloudHost akan menerima pembayaran kita secara otomatis karena kita menggunakan opsi pembayaran instant payment melalui e-wallet Dana, jadi kita tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran kepada CS IDCloudHost.

f566726e

Klik tombol Continue To Client Area untuk masuk dasbor pengguna di IDCloudHost.

495d3da3

Notifikasi via Email

Notifikasi pembayaran, aktivasi akun, informasi nama pengguna dan kata sandi yang tadi telah kita buat akan dikirimkan melalui email yang digunakan pada saat mengisi Billing Information. Jadi pastikan semua data yang kita masukkan benar agar terhindar dari masalah login ke website ataupun dasbor IDCloudHost.

62be3dae
72a86c96
57f52416

Pengujian

Setelah selesai memasang situs WordPress dan melakukan konfigurasi nama pengguna beserta kata sandi. Langkah selanjutnya yaitu melakukan pengujian pada website yang telah kita buat tadi.

Untuk mengakses website WordPress yang telah kita buat, cukup ketik alamat website pada browser; pada artikel ini saya menggunakan alamat belajarwp.hack.id.

Berikut tangkapan layar website belajarwp.hack.id yang telah dibuat.

screen shot 2022 11 09 at 10.30.22

Tampilan websitenya masih default bawaan WordPress, tema yang digunakan adalah Twenty Twenty Three (tema default terbaru WordPress).

Sedangkan untuk masuk ke dasbor WordPress, kita cukup menambahkan wp-admin pada bagian akhir domain menjadi belajarwp.hack.id/wp-admin.

Setelah mengetik alamat tadi, kita akan diarahkan ke halaman login dasbor WordPress.

screen shot 2022 11 09 at 10.29.57

Pada halaman login, kita masukkan nama pengguna dan kata sandi yang kita tentukan pada saat pembuatan website. Kita akan diarahkan ke dasbor WordPress.

screen shot 2022 11 09 at 10.39.52

Setelah berhasil masuk ke dasbor WordPress, kita dapat mengganti tema, menambah/menghapus plugin atau membuat dan mengelola artikel.

Penutup

Setelah kita melakukan pemesanan dan pembayaran, kita tinggal mengelola website yang telah kita buat. Untuk petunjuk bagaimana cara mengelola website kita baik dari tema, plugin maupun artikel akan dibahas pada postingan lain.

Selain dari paket WP Hosting, IDCloudHost juga memiliki layanan lain seperti Cloud Hosting (shared) maupun VPS dan dedicated server. Selain itu, tersedia juga shared hosting yang menggunakan cPanel dan Plesk. Pilihan untuk menggunakan layanan yang mana saya kembalikan pada kebutuhan dan pilihan pembaca.





Tanggal:

| Topik:

Penulis:


Sumber pendapatan MauCariApa.com berasal dari iklan dan tautan afiliasi, kami akan mendapat komisi kecil. Tetapi ada beberapa cara lain seperti berkontribusi pada platform Nih Buat JajanPayPal, atau dengan membeli karya Belajar WordPress (seri artikel ini gratis, pembelian dimaksudkan sebagai pengganti donasi).


 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *