Cara Menggunakan ChatGPT

chatgpt.jpeg

ChatGPT, kecerdasan buatan yang dalam melakukan banyak hal, telah banyak diperbincangkan di kalangan komunitas teknologi sejak tahun lalu. Namun sebenarnya apa OpenAI dan dapat digunakan untuk apa saja?

Beberapa hari lalu, Microsoft berinvestasi di OpenAI, induk perusahaan ChatGPT. Kemungkinan akan ada versi berbayar untuk ChatGPT, seperti DALL-E yang sudah berbasis freemium.

Mengenal ChatGPT

Pengertian ChatGPT

ChatGPT adalah kecerdasan buatan yang dapat menulis outline skripsi, puisi, baris program dan banyak lagi.

Cara akses ChatGPT

Untuk mengakses ChatGPT, kunjungi https://chat.openai.com dan masuk dengan akun yang telah ada, atau buat akun apabila tidak memiliki akun.

screen shot 2023 01 31 at 07.36.19

Karena saya sudah memiliki akun, saya akan masuk dengan akun yang sudah saya miliki.

screen shot 2023 01 31 at 07.37.31

Setelah berhasil masuk, kita akan masuk ke dasbor ChatGPT. Disini kita dapat mulai berinteraksi dengan ChatGPT, arahkan kursor ke bagian paling bawah dan ketik apa yang akan diperintahkan lalu tekan Enter.

screen shot 2023 01 31 at 07.52.19

Kita dapat bertanya apa saja, misalnya saya bertanya apa yang dimaksud dengan headless WordPress, perbedaan nginx dan caddy webserver.

screen shot 2023 01 31 at 20.21.57
screen shot 2023 01 31 at 20.23.47

Selain pertanyaan-pertanyaan dasar seperti diatas, kita juga dapat memerintahkan ChatGPT untuk membuat baris kode dan pekerjaan rumit lainnya. Misalnya saya mencoba dibuatkan baris kode untuk mengetahui cuaca di Bandung, ChatGPT membuatkan baris kode yang ditulis dalam bahasa Python dan menggunakan API dari OpenWeather.

screen shot 2023 01 31 at 20.25.46

Penutup

Itulah beberapa contoh penggunaan ChatGPT yang sedang hangat dibicarakan, bukan hanya dari fitur dan kemampuan yang dimilikinya, namun dari kabar Microsoft yang berinvestasi besar-besaran di OpenAI, induk perusahaan pembuat ChatGPT.

Hal ini tentunya akan semakin memanas karena Google dikabarkan akan membuat chatbot AI untuk menandingi kemampuan ChatGPT. Kita tunggu saja kebenaran kabar tersebut.

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading