Apple luncurkan Macbook Air yang ditenagai chip M3

macbook air m3 1.jpg
March 5, 2024

Apple hari ini mengumumkan MacBook Air baru dengan chip M3 yang kuat, membawa kombinasi luar biasa antara kinerja hemat daya dan portabilitas ke tingkat yang baru. Dengan M3, MacBook Air lebih cepat hingga 60 persen dibandingkan model dengan chip M1 dan hingga 13x lebih cepat dibandingkan MacBook Air berbasis Intel tercepat.

Dan dengan Neural Engine yang lebih cepat dan efisien di M3, MacBook Air terus menjadi lebih cepat laptop konsumen terbaik di dunia untuk AI. MacBook Air 13 dan 15 inci memiliki desain yang sangat tipis dan ringan, masa pakai baterai hingga 18 jam, 1 layar Liquid Retina yang menakjubkan, dan kemampuan baru, termasuk dukungan hingga dua layar eksternal dan hingga 2x lebih cepat Wi-Fi dibandingkan generasi sebelumnya.

Dengan casing unibody aluminium tahan lama yang dibuat agar tahan lama, MacBook Air baru tersedia dalam empat warna menawan: tengah malam, yang dilengkapi segel anodisasi terobosan untuk mengurangi sidik jari; cahaya bintang; ruang abu-abu; dan perak.

Dikombinasikan dengan kamera, mikrofon, dan speaker kelas dunia; pengisian daya MagSafe; desainnya yang senyap dan tanpa kipas; dan macOS, MacBook Air menghadirkan pengalaman tak tertandingi — menjadikan model 13 inci sebagai laptop terlaris di dunia dan model 15 inci sebagai laptop 15 inci terlaris di dunia. Pelanggan dapat memesan mulai hari ini, dengan ketersediaan mulai Jumat, 8 Maret.

MacBook Air baru dengan chip M3 sangat tipis dan cepat, sehingga pengguna dapat bekerja, bermain, atau berkreasi di mana saja. Image credit: Apple

Performa Sangat Cepat dengan M3

Dibuat menggunakan teknologi 3 nanometer terdepan di industri, chip M3 menghadirkan kinerja yang lebih cepat dan kemampuan lebih untuk MacBook Air. Dilengkapi CPU 8-inti yang kuat, GPU hingga 10-inti, dan dukungan memori terpadu hingga 24 GB, MacBook Air baru hingga 60 persen lebih cepat dibandingkan model dengan M1 dan hingga 13x lebih cepat dibandingkan Intel tercepat berbasis MacBook Air.

Recommended:  Nonton Piala Dunia Qatar 2022 Di Vidio

Macbook Air juga memiliki daya tahan baterai hingga 18 jam, yang hingga enam jam lebih lama dibandingkan MacBook Air berbasis Intel. Pengguna akan merasakan kecepatan luar biasa M3 dalam segala hal yang mereka lakukan, mulai dari produktivitas sehari-hari, untuk tugas-tugas berat seperti pengeditan foto dan video, serta pengembangan perangkat lunak. Dan dengan GPU M3 generasi berikutnya, MacBook Air baru mendukung mesh shading dan ray tracing yang dipercepat perangkat keras, menawarkan pencahayaan, pantulan, dan bayangan yang lebih akurat untuk pengalaman bermain game yang sangat realistis.

Hal ini juga mencakup mesin media terbaru dengan dukungan untuk decode AV, memberikan pengalaman video yang lebih efisien dan berkualitas lebih tinggi dari layanan streaming.

Chip M3 yang hemat daya memberikan kecepatan lebih pada segala hal yang dilakukan pengguna, termasuk mengerjakan tugas-tugas berat seperti mengedit foto dan video. Image credit: Apple

M3 membawa kinerja MacBook Air lebih jauh lagi:

  • Judul game seperti No Man’s Sky berjalan hingga 60 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Air 13 inci dengan chip M1.
  • Menyempurnakan gambar dengan AI menggunakan fitur Resolusi Super Photomator hingga 40 persen lebih cepat dibandingkan model 13 inci dengan chip M1, dan hingga 15x lebih cepat bagi pelanggan yang belum melakukan upgrade ke Mac dengan silikon Apple.
  • Bekerja di spreadsheet Excel hingga 35 persen lebih cepat dibandingkan model 13 inci dengan chip M1, dan hingga 3x lebih cepat bagi pelanggan yang belum melakukan upgrade ke Mac dengan silikon Apple.
  • Pengeditan video di Final Cut Pro hingga 60 persen lebih cepat dibandingkan model 13 inci dengan chip M1, dan hingga 13x lebih cepat bagi pelanggan yang belum melakukan upgrade ke Mac dengan silikon Apple.
  • Dibandingkan dengan laptop PC dengan prosesor Intel Core i7, MacBook Air menghadirkan kinerja hingga 2x lebih cepat, penjelajahan web hingga 50 persen lebih cepat, dan masa pakai baterai hingga 40 persen lebih lama.
Recommended:  Program K-Startup Grand Challenge 2021 Telah Dibuka

Dengan transisi ke silikon Apple, setiap Mac menjadi platform hebat untuk AI. M3 menyertakan Neural Engine 16-core yang lebih cepat dan efisien, serta akselerator pada CPU dan GPU untuk meningkatkan pembelajaran mesin pada perangkat, menjadikan MacBook Air sebagai laptop konsumen terbaik di dunia untuk AI.

Memanfaatkan kinerja AI yang luar biasa ini, macOS menghadirkan fitur cerdas yang meningkatkan produktivitas dan kreativitas, sehingga pengguna dapat mengaktifkan fitur kamera canggih, ucapan ke teks real-time, terjemahan, prediksi teks, pemahaman visual, fitur aksesibilitas, dan banyak lagi.