Lompat ke konten

3 Layanan Email Custom Gratis

3 layanan email custom gratis

Email adalah surat elektronik yang dikirim dan diterima secara digital melalui jaringan internet. Email dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu email pribadi dan email resmi perusahaan/organisasi/institusi.

Email pribadi biasanya merupakan layanan gratis dan dapat digunakan selamanya, contoh layanan ini yaitu Gmail, Yahoo Mail, Aol Mail dan masih banyak lagi.

Sedangkang email resmi perusahaan/organisasi/institusi biasanya di terbitkan oleh lembaga/pihak tertentu yang memiliki hak dan akses terhadap nama domain dan email yang digunakan, contoh email ini seperti [email protected] yang merupakan email resmi dari MauCariApa.com.

Membuat Email Custom

Berbeda dengan email pribadi, proses pembuatan email custom bisa dibilang agak panjang dan memerlukan beberapa langkah penting, diantaranya melakukan konfigurasi DNS atau membuat akun untuk layanan tertentu.

Beberapa layanan email custom yaitu Zoho Mail, Yandex Connect & CloudFlare Mail.

Zoho Mail

Dikutip dari situs resminya, Zoho Mail adalah solusi email bisnis yang ditujukan untuk kebutuhan komunikasi perusahaan atau instansi atau organisasi kita. Selain kotak masuk, pengguna juga dapat berkolaborasi dalam membuat tugas, pengumuman dan lainnya.

Zoho Mail ditawarkan secara gratis untuk 5 pengguna email dalam satu domain. Paket gratis ini meliputi batas lampiran 25 MB/file, akses ke client seluler dan web.

Selain paket gratis, tersedia paket berbayar mulai dari $1/pengguna/bulan. Artinya, semakin banyak pengguna, maka semakin banyak biaya yang harus dibayarkan.

1ea8d004

Untuk mendaftar Zoho Mail, klik disini.

Yandex Connect

Berbeda dengan Zoho Mail, Yandex Connect menawarkan fitur yang lebih lengkap seperti formulir, kalender, catatan, chat, Yandex Disk dan masih banyak lagi.

3f989eb3

Yandex Connect tersedia dalam paket gratis dan berbayar, paket gratis termasuk pengguna per domain adalah 1000 pengguna dan masing-masing pengguna mendapatkan 10GB Yandex Disk.

Untuk menanmbahkan domain ke Yandex Connect, klik ikon pada menu Webmaster, kemudian klik Add Domain.

36338da3

Setelah menambahkan domain, langkah selanjutnya adalah menambahkan beberapa record seperti dibawah ini.

17d3ec4a

Tambahkan record diatas pada pengelola DNS seperti CloudFlare, agar layanan email dapat berfungsi dengan baik. Diperlukan waktu hingga 48 jam agar record dapat terbaca oleh DNS.

Klik disini untuk mendaftar Yandex Connect.

CloudFlare Email Routing

Email Routing merupakan salah satu produk baru dari CloudFlare, namun masih dalam tahap beta. CloudFlare Email Routing dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan membuat alamat email tanpa perlu biaya tambahan.

Untuk mulai menggunakan CloudFlare Email Routing, kita cukup masuk ke dasbor CloudFlare, kemudian klik nama domain dan pilih menu .

b21f4b46

Setelah menekan tombol Get Started, selanjutnya kita hanya tinggal menunggu konfirmasi email dari CloudFlare bahwa layanan yang kita minta telah diaktifkan oleh tim CloudFlare.

Kemudian tim CloudFlare akan mengirimkan email berisi notifikasi bahwa layanan Email Routing telah siap digunakan dan kita diminta segera menyelesaikan proses penyetelan.

82bcaab6

Selanjutnya kita dapat melakukan konfigurasi di CloudFlare Email Routing.

screen shot 1443 07 07 at 17.03.23

Setelah membuat custom email, langkah selanjutnya kita perlu melakukan konfigurasi DNS yang berisi record MX & TXT, ini diperlukan agar layanan Email Routing dapat berjalan sebagaimana mestinya.

b50ac0a2

Apabila ingin menambahkan email lain sebagai email tujuan, cukup skrol kebawah kemudian klik tombol Add destination address.

42230e5a

Kita bebas menambahkan email custom maupun email tujuan, dan layanan ini bersifat gratis untuk semua pengguna CloudFlare.

Penutup

Dengan menggunakan CloudFlare Email Routing, kita tidak perlu sewa email hosting yang mahal, cukup menggunakan email pribadi kita sebagai tujuan email resmi situs web kita. Selain CloudFlare Email Routing, ada layanan sejenis yaitu ImproveMX, namun layanan ini agak memiliki fitur terbatas dan harus berlangganan untuk mendapatkan fitur penuh. Opsi lainnya, ada SendGrid, Sendinblue, Amazon SES yang merupakan layanan berbayar namun memiliki fitur yang lengkap.

Semua kembali kepada pilihan pembaca akan menggunakan layanan berbayar atau gratis, tentunya dengan dengan berbagai pertimbangan dan kebutuhan.

nv-author-image

Anton Toni Agung

Founder MauCariApa.com & 90to1.com, tech enthusiast, suka membaca berita dan isu terbaru politik, teknologi, sosial dan budaya. Kadang-kadang mendengarkan musik dan menonton film.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.