YouTube merupakan platform berbagi video yang sangat populer bagi pengguna internet. Platform video ini dimiliki oleh Google setelah mengakuisisi YouTube pada 2006 dengan nilai 1.65 miliar USD.

Perkembangan teknologi memang sangat pesat, terkadang kita ketinggalan apa saja teknologi terbaru yang telah dipasarkan, salah satu perkembangan teknologi yang pesat yaitu ponsel.

Benda mungil ini perkembangannya memang sangat masif selama 10 tahun terakhir. Berikut ini 6 channel YouTube yang saya rekomendasikan kepada pembaca.

GadgetIn

Channel ini dibangun oleh David Brendi pada 2014 silam, namun pada tahun 2017 channelnya mulai dikenal secara luas ketika ia membuat video unboxing pertamanya, dengan gaya dan format khas Gadgetin dengan intro “Halo guys, David disini!”. Setelahnya, channel Gadgetin semakin dikenal dan jumlah viewer & subscribernya terus meningkat dari waktu ke waktu.

Konten yang ditawarkan Gadgetin bukan hanya review, tetapi lebih dari itu. David dengan sangat fasih menjelaskan kekurangan, kelebihan dan apa yang perlu dibenahi dari produk yang sedang ia review. Bahkan ia tidak segan menyebutkan minus dari suatu produk yang sengaja dikirimkan brand untuk direview. Jadi review yang diberikan Gadgetin lebih independen tanpa endorsement.

Sisi Terang

Sains fiksi dan ilmu pengetahuan memang selalu menarik untuk dibahas, sebenarnya di YouTube kita dapat menemukan topik ini seperti di channel Sisi Terang, atau channel versi Bahasa Inggrisnya Bright Side. Keduanya memiliki konten yang sama karena dikelola oleh The Soul Publishing, yang jadi pembeda hanyalah bahasa yang digunakan saja. Website keduanya pun memiliki tema dan layout yang sama, namun tidak akan bahas disini, kita akan lebih fokus ke channel YouTubenya saja.

Sisi Terang tidak hanya membahas sains fiksi, tetapi membahas tips, ruang angkasa, misteri sejarah, bahkan teka teki seru yang dirancang untuk mengasah otak penonton. Sisi Terang menyajikan konten yang mudah dicerna oleh siapa saja, baik tua maupun muda.

Inspect History

Dibuat pada Juli 2018, Inspect History menyajikan konten-konten sejarah dengan sudut pandang berbeda, serta analisa yang lebih mendalam namun mudah dipahami. Konten sejarah yang dibahas tidak hanya dari dalam negeri saja, namun dari luar negeri seperti Perang Dunia I dan II.

Saqahayang

Channel ini merupakan channel review film dari berbagai genre, mulai dari film action, horror, thriller hingga komedi. Yang menarik dari channel ini yaitu cara pengemasan dan narasinya yang unik. Si narator yang merupakan orang sunda kerap membawakan narasi bahasa Indonesia yang dicampur bahasa Sunda.

Selain itu, pembawaan narator yang kocak menambah keseruan menonton ulasan film seperti film psikopat Hachet menjadi film sikopet rawa cubluk yang tentunya menghilangkan kesan seram dari film tersebut, atau film lain seperti film Scream menjadi sikopet topeng calawak.

Humor-humor seperti ini tentunya menambah ciri khas channel ini, sehingga subscriber channel ini meningkat dengan cepat.

Penutup

Selain empat channel diatas, ada banyak channel menarik seperti Hipotesa, Blue Spot Histori, Matahatipemuda, PinterPolitik dan masih banyak lagi. Semoga saja kita dapat membahasnya di artikel lain yang khusus membahas channel sejarah dan politik.

Semoga rekomendasi channel YouTube diatas bermanfaat untuk pembaca.