ecourse

6 Website Belajar Pemrograman Online

Belajar pemrograman hari ini tidak sesulit beberapa tahun lalu, saat ini banyak website kursus online baik gratis maupun berbayar. Kursus online bukanlah cerita baru, jauh sebelum pandemi, kursus online serta tes online memang sudah dikenal di kalangan pekerja dan penggemar di bidang teknologi & komputer.

📢 Info
Artikel mungkin berisi link afiliasi, kami menerima sedikit komisi dari link tersebut.

 

Sebut saja The Linux Foundation dan Red Hat yang telah sejak lama mengadakan kursus dan sertifikasi yang didapat melalui serangkaian belajar & tes online. Selain kedua lembaga diatas, ada banyak platform kursus menyediakan belajar dan ujian online seperti DataCamp, Coursera & Codecademy dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa website yang cocok untuk belajar pemrograman online.

  • Codecademy
    Codecademy adalah platform interaktif online yang menawarkan kelas pengkodean gratis dalam 12 bahasa pemrograman yang berbeda termasuk Python, Java, Go, JavaScript, Ruby, SQL, C ++, C #, Swift, dan Sass, serta bahasa markup HTML dan CSS.
  • DataCamp
    DataCamp adalah platform kursus berbayar dan gratis yang didirikan pada 2003 oleh Jonathan Cornelissen, Dieter De Mesmaeker, Martijn Theuwissen, Beberapa kursus gratis mereka cocok untuk Anda yang ingin mulai bahasa pemrograman ataupun AI. Kursus-kursus gratis ini meliputi pengenalan Python, SQL, R, Machine Learning dan Data Science. Tentunya, kursus ini dipandu oleh instruktur berpengengalaman dan profesional.
  • edX
    edX adalah penyedia kursus online yang dibuat oleh Harvard dan MIT. edX menyelenggarakan kursus tingkat universitas online dalam berbagai disiplin ilmu untuk mahasiswa, dosen dan profesional di seluruh dunia, termasuk beberapa kursus tanpa biaya.
  • Coursera
    Coursera adalah penyedia kursus online yang didirikan pada tahun 2012 oleh profesor ilmu komputer Universitas Stanford, Andrew Ng dan Daphne Koller. Coursera bekerja dengan universitas dan organisasi lain untuk menawarkan kursus, sertifikasi, dan gelar online dalam berbagai disiplin ilmu.
  • Udemy
    Udemy, Inc. adalah penyedia kursus online yang ditujukan untuk mahasiswa dan profesional. Didirikan pada Mei 2010 oleh Eren Bali, Gagan Biyani, dan Oktay Caglar.
  • FutureLearn
    FutureLearn adalah platform pendidikan digital Inggris yang didirikan pada Desember 2012. Perusahaan ini dimiliki bersama oleh The Open University dan SEEK Ltd. FutureLearn merupakan platform pembelajaran Massive Open Online Course, dan pada Juni 2020 termasuk 175 mitra Inggris dan internasional.

Itulah enam website penyedia kursus yang ada dan tersedia untuk saat ini, baik edX, DataCamp, Coursera atau yang lainnya semua memiliki nilai plus dan minus, semua pilihan kembali kepada pembaca.





Tanggal:

| Topik:

Penulis:


Sumber pendapatan MauCariApa.com berasal dari iklan dan tautan afiliasi, kami akan mendapat komisi kecil. Tetapi ada beberapa cara lain seperti berkontribusi pada platform Nih Buat JajanPayPal, atau dengan membeli karya Belajar WordPress (seri artikel ini gratis, pembelian dimaksudkan sebagai pengganti donasi).


 



Comments

One response to “6 Website Belajar Pemrograman Online”

  1. Abdul Avatar
    Abdul

    Wah mantab referensinya, terimakasih admin :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *