pajak

Pengertian Formulir Pajak W-8 & W-9

Kita tentunya tidak asing dengan pajak, baik blogger, youtuber, pembaca blog maupun orang awam wajib mengetahui apa itu pajak. Pajak adalah iuran wajib yang dibebankan pada individu atau perusahaan dan dipungut oleh entitas pemerintah baik secara lokal, regional atau nasional.

📢 Info
Artikel mungkin berisi link afiliasi, kami menerima sedikit komisi dari link tersebut.

 

Hampir semua sumber pendapatan dikenai pajak, ada pajak yang bersifat memotong sumber pendapatan. Namun ada juga yang hanya bersifat pelaporan saja, tidak ada potongan apapun. Tidak terkecuali pendapatan dari internet, seperti afiliasi di ShareASale atau layanan penyedia iklan seperti Ezoic, mewajibkan penggunanya tunduk pada hukum yang berlaku di AS (karena dua perusahaan ini merupakan perusahaan yang berbasis di AS, jadi proses dan kewenangan hukum mengikuti negara asalnya).

ShareASale maupun Ezoic mewajibkan penggunanya mengisi formulir W-8 untuk non WN Amerika Serikat, sedangkan formulir W-9 ditujukan untuk WN Amerika Serikat. Walaupun hanya bersifat pelaporan, kita tentunya wajib tunduk pada persyaratan yang diajukan kedua perusahaan tersebut apabila kita masih ingin bekerja dibawah bendera mereka.

Berdasarkan pengalaman kami menggunakan Ezoic, pengisian formulir pajak hanya bersifat pelaporan saja, tidak sampai dilakukan pemotongan karena tidak ada biaya tersebut pada invoice. Namun apabila tidak diisi, Anda tidak dapat menarik saldo Ezoic karena adanya ketidaklengkapan formulir pajak.

Formulir W-8

Formulir W-8 adalah formulir yang diterbitkan oleh Internal Revenue Service (IRS) dan harus diajukan oleh individu dan bisnis asing untuk memverifikasi negara tempat tinggal mereka untuk tujuan pajak, yang menyatakan bahwa mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan pemotongan pajak yang lebih rendah.

Walaupun formulir ini diterbitkan oleh IRS, formulir ini hanya diserahkan kepada wajib pajak atau pemotong pajak dan bukan kepada IRS. Kegagalan dalam pengisian formulir ini mungkin dapat mengakibatkan penagihan tarif pajak penuh sesuai hukum AS yaitu sebesar 30% untuk entitas asing.

Contoh Formulir W-8 (W-8BEN)

35ca8f95
⚠️ Info
Formulir W-8 hanya memiliki satu halaman, lebih sedikit daripada Formulir W-9.

Formulir W-8 berlaku efektif selama tiga tahun kalender terhitung sejak ditandatangani. Misalnya, Formulir W-8BEN yang ditandatangani pada 25 Januari 2022 akan berlaku hingga 31 Desember 2025.

Rangkuman

  • Formulir W-8 digunakan oleh individu atau badan usaha asing untuk mengklaim status bebas pajak atau potongan tertentu.
  • Ada lima bentuk formulir W-8, yaitu W-8BEN, W-8BEN-E, W-8ECI, W-8EXP, dan W-8IMY.
  • Formulir W-8IMY digunakan oleh perantara yang menerima pembayaran pajak atas nama individu atau badan usaha asing sebagai entitas flow-through.
  • Pelapor bebas menggunakan jenis formulir W-8 tergantung apakah mereka sebagai individu, entitas atau badan usaha, jenis pendapatan serta kelayakan organisasi Anda dalam mendapatkan perlakuan pajak khusus.

Formulir W-9

Formulir W-9 adalah formulir yang diterbitkan oleh Internal Revenue Service (IRS) dan digunakan untuk memverifikasi nama, alamat, taxpayer identification number (TIN) atau nomor pokok wajib pajak (NPWP) seseorang untuk tujuan mencari pekerjaan atau menghasilkan pendapatan lainnya. Formulir W-9 juga dikenal sebagai formulir Taxpayer Identification Number (TIN) and Certification.

Formulir W-9 berbeda dari Formulir W-4 — yang lebih umum diberikan oleh karyawan kepada pemberi kerja langsung — karena W-9 tidak mengatur pemotongan pajak yang harus dibayar.

Formulir W-9 merupakan permintaan tertulis dan bertujuan untuk memverifikasi informasi taxpayer identification number (TIN) atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) seseorang. Pemilik usaha atau entitas lain diwajibkan untuk mengajukan dokumen pajak kepada IRS, misalnya Formulir 1099, harus mendapatkan nomor TIN/NPWP yang sah dan benar untuk melaporkan penghasilan atau kerugian yang dapat memengaruhi pengembalian pajak federal dan atau penghasilan kena pajak.

Contoh Formulir W-9

dd5274c0
⚠️ Info
Formulir W-9 memiliki enam lembar halaman dengan satu halaman formulir dan lima lainnya merupakan halaman penjelasan untuk formulir tersebut

Bagi kebanyakan individu, TIN/NPWP akan menjadi nomor jaminan sosial atau Social Security Number (SSN) mereka.

Rangkuman

  • Formulir W-9 adalah formulir resmi yang diterbitkan oleh IRS kepada pemberi lapangan kerja (pemilik usaha) atau entitas lain untuk memverifikasi nama, alamat dan nomor identifikasi pajak dari individu yang menerima pendapatan.
  • Informasi yang digunakan oleh Formulir W-9 sering digunakan untuk membuat Formulir Pajak 1099, yang diperlukan untuk pengajuan pajak penghasilan.
  • Informasi yang dikumpulkan oleh entitas pada Formulir W-9 tidak dapat diungkap untuk tujuan apapun, karena dilindungi oleh peraturan privasi yang ketat sesuai perundang-undangan yang berlaku di AS.

Penutup

Dapat dimengerti mengapa kita wajib mengisi formulir pajak tersebut, ini karena kita sedang “bekerja” dibawah Ezoic dan tentunya mereka harus melapor pajak kepada IRS selaku lembaga yang mengatur pajak. Dengan begitu, Ezoic dapat tetap melaporkan kewajiban pajak mereka dan kita tetap mendapatkan bayaran sebagai penayang iklan dari Ezoic.

Itulah penjelasan sederhana mengenai Formulir Pajak W-8 & W-9 yang berlaku di Amerika Serikat. Beberapa situs web seperti Ezoic (seperti telah dijelaskan diatas), mewajibkan kita mengisi salah satu formulir yang tersedia yaitu Formulir W-8 dan W-9. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca.





Tanggal:

| Topik:

Penulis:

Tag:


Sumber pendapatan MauCariApa.com berasal dari iklan dan tautan afiliasi, kami akan mendapat komisi kecil. Tetapi ada beberapa cara lain seperti berkontribusi pada platform Nih Buat JajanPayPal, atau dengan membeli karya Belajar WordPress (seri artikel ini gratis, pembelian dimaksudkan sebagai pengganti donasi).


 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *