Indonesia Website Awards

Review Wireless Keyboard Arteck HW098 Indonesia

arteck hw098.jpg

Beberapa minggu ini keyboard bluetooth saya mengalami anomali yang sulit untuk dijelaskan, keyboard dalam beberapa menit ketika tidak digunakan akan mati sendiri dan sulit untuk dihubungkan lagi. hal ini hanya terjadi di OS Windows 11 yang saya gunakan, ketika keyboard yang sama saya gunakan di Blackview Tab9 dan OS lain seperti Deepin OS dan hackintosh tidak terjadi kendala apapun.

Saya coba perbarui driver bluetooth tapi tidak berpengaruh apa-apa, malah keyboardnya tidak terdeteksi sama sekali. Perangkat bluetooth yang saya gunakan adalah Orico BTA-403 yang konon katanya mudah terdeteksi di hackintosh (dan benar saja dongle ini terdeteksi secara otomatis tanpa kext/driver).

Kembali ke masalah keyboard yang sering mati sendiri, saya coba instal ulang Windows 11 namun tak berhasil, barulah saya ingat saya masih punya sisa saldo gift card di Amazon, saya coba buka Amazon dan ternyata saldonya masih ada. Saya coba cari keyboard wireless yang cukup dengan nominal saldo gift card saya, yaitu sekitar $30.

Seperti review sebelumnya, saya akan mulai dari tampilan luar paket, baru ke tampilan produk. Sama seperti paket-paket sebelumnya, saya mendapatkan paket dari Amazon yang hanya menggunakan amplop besar tebal, dengan label pengiriman dan logo Amazon.

Kemasan dan tampilan produk

70a0d0eb

Seperti biasa, paket saya dari Amazon selalu datang dalam keadaan terbungkus amplop tebal tanpa adanya plastik, didalamnya terdapat keyboard yang dibungkus oleh dus dan plastik; sangat rapi dan aman.

b2a3c368

Ketika dus dengan tulisan Arteck tersebut dibuka, didalamnya terdapat satu unit keyboard dan buku petunjuk penggunaan.

25decb4e
b8719cd9

Buku petunjuknya ditulis dalam dua bahasa, Jepang dan Inggris. Dalam buku ini dijelaskan panduan penggunaan, cara menghubungkan keyboard ke perangkat, dan spesifikasi singkat dari keyboard ini.

Recommended:  Review MicroSD Lexar A2 1066x Indonesia
pxl 20230508 120851730
24e682a9

Di bagian belakang keyboard; tepatnya di bagian penutup baterai, terdapat USB receiver, dua buah baterai AAA dan tombol On/Off. Keyboardnya sendiri plug-n-play, jadi tinggal colok receiver dan nyalakan tombol On, keyboard dapat langsung digunakan.

Harga dan garansi

Harga keyboard Arteck HW098 ini ada $16.99 atau sekitar IDR 205,628 (pada saat artikel ini dibuat) belum termasuk pajak & ongkos kirim, Arteck memberikan diskon sebesar 20% untuk pembelian keyboard ini.

5bce4682

Jadi rincian harganya adalah sebagai berikut:

Harga produk $16.99
Biaya pengiriman $13.27
Diskon 20% -$3.40
  —–
Harga total sebelum pajak $26.86
Perkiraan biaya pajak $0.00
Biaya impor $3.71
Gift Card digunakan -$30.48
  —–
Total tagihan: $0.09

Biaya yang saya keluarkan hanya $0.09 atau sekitar IDR 1.350 saja karena sebagian besar pembayaran menggunakan Gift Card, yaitu $30.39. Nominal $0.09 saya bayar dari kartu kredit karena saldo di Gift Card tidak mencukupi.

Soal garansi, Arteck menawarkan garansi 24 bulan sejak bara diterima, namun saya ragu apakah produk ini bisa klaim garansi atau tidak mengingat pusat servis nya berada jauh di Amerika Serikat, kalaupun bisa tentunya harus menyiapkan biaya ongkos kirim yang mahal. Kemudahan garansi sepertinya ditujukan untuk pengguna di Amerika Serikat saja, proses klaim pun sepertinya tidak sesulit pengguna di luar negeri

Penutup

Itulah review singkat keyboard Arteck HW098 yang saya beli dari Amazon. Dari segi harga dan kualitas, keyboard ini menurut saya sangat worth, karena cukup murah dan pengirimannya lumayan cepat yaitu sekitar 10 hari walaupun dikirim dari luar negeri. Tapi saya tidak yakin apakah klaim garansinya akan mudah, mengingat ongkos kirimnya yang pasti akan sangat mahal.

Recommended:  Review Ungu.in v3, makin kaya fitur & intuitif