Review Ungu.in v3, Makin Kaya Fitur & Intuitif

Lama tak terdengar, rupanya OSORA; tim dibalik Ungu.in telah melakukan modifikasi total untuk layanan pemendek URL Ungu.in.

Review Ungu.in v3, Makin Kaya Fitur & Intuitif
Ungu.in-Halaman Depan. Image credit: MauCariApa.com/Ungu.in


Pada Ungu.in versi terbaru, terdapat banyak perubahan yang signifikan dari versi sebelumnya, fitur-fitur baru ini seperti langganan dan tingkatan akun sesuai jenis langganan, cek tautan, dasbor pengguna dan lainnya.

Fitur-fitur di Tautan

Ada banyak hal baru yang hadir di versi terbaru Ungu.in, fitur kelola tautan, space, tautan terpoteksi dan analitik sehingga kita dapat mengetahui jumlah kunjungan dan klik pada tautan pendek yang telah dibuat. Kita juga dapat membuat kode QR sehingga tautan pendek kita lebih mudah untuk dibagikan.

Analitik

Kini pengelola tautan dapat melihat metrik seperti grafik klik harian, negara pengunjung, kota pengunjung dan perangkat pengunjung.

Analitik dapat membantu pengelola tautan melihat seberapa besar tautan mereka di buka dan dari mana pengunjungnya berasal.

Kelola Tautan

Di sisi personalisasi dan privasi, Ungu.in menambahkan fitur yang cukup menarik yaitu pengguna dapat mengunci tautan pendek mereka dengan kata sandi sehingga tautan tidak dapat dibuka oleh sembarang orang, kita juga dapat mengelompokkan tautan pendek yang telah dibuat kedalam kategori yang dapat dibuat secara manual oleh pengguna.

Terdapat pula fitur kadaluarsa sehingga pengguna dapat menentukan kapan tautan pendeknya akan kadaluarsa sehingga nantinya tidak dapat diakses lagi.

Fitur-fitur yang ditambahkan ke Ungu.in v3 ini akan sangat berdampak besar untuk pengguna, karena mereka dapat mengelola tautan pendek sehingga terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Fitur seperti kategori dan masa kadaluarsa tautan tidak banyak dimiliki oleh layanan sejenis.

Kategori

Fitur ini memudahkan kita untuk mengelompokkan tautan berdasarkan kategori tertentu, misalnya "tugas kuliah", "tugas sekolah", "pekerjaan", "jobdesc", dan lainnya.

Untuk membuat kategori, di halaman Kelola Tautan, pilih tombol Kategori Baru pada bagian kanan atas, kemudian akan tampil layar seperti dibawah ini:

Kita hanya perlu mengisi bagian seperti nama dan deskripsi, kemudian klik tombol Kategori Baru untuk menerapkannya ke dasbor.

Tautan Terlindungi

Fitur ini digunakan untuk tautan yang bersifat pribadi dengan cara menambahkan kata sandi pada tautan, sehingga hanya dapat dibuka oleh pengguna yang memiliki kata sandi untuk membuka tautan tersebut.

Untuk membuat tautan Ungu.in menjadi terproteksi, cukup klik ikon gembok pada bagian bawah, di halaman Kelola Tautan atau ketika membuat tautan baru.

Deskripsi

Pada Ungu.in versi terbaru, kita dapat menambahkan deskripsi atau penjelasan mengenai link yang diperpendek, hal ini akan sangat berguna karena orang yang membuka tautan mengetahui maksud dari tautan tersebut.

Masa Berlaku Tautan

Selain deskripsi, kita juga dapat menyesuaikan masa berlaku tautan, sehingga tidak ada lagi tautan-tautan yang usang. Fitur ini akan sangat berguna untuk undangan acara, pernikahan, rapat, webinar dan kegiatan lainnya.

Laporkan Tautan

Fitur ini dapat digunakan untuk melaporkan tautan yang mencurigakan atau berbahaya seperti tautan ke situs yang berisi malware atau ancaman lainnya.

Administrator situs Ungu.in akan mengambil tindakan terhadap tautan yang dilaporkan oleh pengguna.

Kode QR

Salah satu fitur favorit saya yaitu kode QR, karena QR yang dibuat dapat dimodifikasi sesuai keinginan kita. Fitur ini memudahkan orang-orang untuk memindai tautan tertentu pada QR yang telah dibuat. Nantinya kode QR ini dapat ditempel pada brosur, pamflet, poster atau lainnya.

Peningkatan performa dan fitur tambahan lainnya

Selain menambah fitur-fitur utama seperti yang sudah disebutkan diatas, OSORA juga meningkatkan performa website Ungu.in sehingga lebih stabil dan cepat.

Adapun fitur baru lainnya yaitu fitur Space, yang dapat digunakan untuk berbagi tautan dengan dengan rekan kerja maupun kuliah, sehingga kolaborasi atau berbagi tautan antar anggota menjadi mudah dan praktis.

Keanggotaan

Dengan adanya fitur-fitur baru yang dikenalkan di versi terbaru Ungu.in, tentunya tim pengembang memerlukan waktu dan biaya yang lebih besar dari versi sebelumnya, ditambah kebutuhan akan sumber daya server pun meningkat seiring bertambahnya pengguna.

Oleh karena itu, Ungu.in mengenalkan Keanggotaan dengan biaya yang fleksibel dan terjangkau; tentunya biaya tersebut sangat menguntungkan meningat fitur-fitur yang ada saat ini.

Ada empat opsi paket berlangganan yang dapat dipilih yaitu:

Outerspace Ostellar Supernova Intergalactic
100 tautan pendek/ bulan 150 tautan pendek/ bulan 300 tautan pendek/ bulan 6000 tautan pendek/ bulan
2 Kode QR 1 kategori tautan 5 kategori 20 kategori
Unlimited redirect 5 Kode QR 20 Kode QR 100 Kode QR
Dashboard manajemen Grafik jumlah pengunjung Analisa demografi pengunjung Kolaborasi tautan

Anda dapat berlangganan paket diatas setiap bulan, 3 bulan dan pertahun, pilihan durasi ini membuat mekanisme berlangganan semakin fleksibel. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan kunjungi tautan ini.

Autentikasi

Kini pengguna memiliki lebih banyak opsi untuk mendaftar, selain menggunakan alamat email, mereka dapat mendaftar ke situs ini menggunakan akun Google mereka, sehingga tidak perlu repot mengingat alamat email dan kata sandi; walaupun opsi alamat email masih tersedia.

Kekurangan

Walaupun banyak membawa fitur baru dan peningkatan performa, masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, diantaranya belum mendukung PWA (Progressive Web Apps), PWA merupakan aplikasi yang dibuat menggunakan teknologi platform web, namun memberikan pengalaman pengguna seperti aplikasi khusus platform.

Selain PWA, Ungu.in belum memiliki fitur free trial, sehingga pengguna harus berlangganan terlebih dahulu untuk menikmati fitur-fitur premium seperti QR kustom, analitik, tautan terproteksi, dan lainnya.

Kesimpulan

Dibandingkan dengan versi awal, ketika kami pertama kali mengulas tentang situs Ungu.in ini, versi terbaru memiliki banyak perubahan, improvisasi baik secara visual maupun fungsi. Jika pada versi awal situs ini sederhana dan tidak banyak fitur, tetapi kali ini mereka membawa banyak fitur yang menarik untuk dicoba.

Walaupun masih ada beberapa kekurangan, nampaknya hal itu bukan masalah serius dan dapat diperbaiki di masa mendatang, kami sudah memberikan insight mengenai fitur PWA dan kemungkinan akan segera diterapkan.

Sambil menunggu fitur tersebut tersedia, ada baiknya pembaca mencoba versi terbaru dari Ungu.in ini, dan berlangganan paket yang sesuai apabila diperlukan.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan