Review GoDaddy Shared Hosting

featurepost 1617675630808

GoDaddy Inc. adalah perusahaan registrar domain dan web hosting yang didirikan pada 1997 di Baltimore, Maryland. Berkantor pusat di Scottsdale, Arizona.

Perusahaan milik Bob Parsons ini bergerak di beberapa sektor bisnis, diantaranya web hosting, domain dan office 365. Namun yang akan kita review kali adalah performa dan kinerja shared-hosting GoDaddy.

5ce043de

GoDaddy memiliki beberapa jenis hosting, yaitu WordPress & Shared Hosting. WP hosting ditujukan untuk pengguna yang ingin fokus pada konten saja namun kurang leluasa untuk menginstall CMS selain WordPress. Sedangkan Shared hosting dapat digunakan untuk berbagai keperluan namun cukup ribet untuk beberapa pengguna, terutama yang hanya ingin fokus pada konten saja.

Beberapa hari lalu kami memutuskan untuk pindah dari hosting lama ke yang baru, memilih hosting memang cukup kompleks. Kami kesulitan mencari hosting yang tepat, karena banyaknya penyedia hosting yang menawarkan layanan ini dan beberapa diantaranya memberikan diskon/promo yang menggiurkan.

Kami membaca review beberapa penyedia hosting, dan kami putuskan untuk menggunakan GoDaddy, sebelumnya kami telah membuat artikel tentang GoDaddy yang dapat Anda baca disini.

Jenis & Spesifikasi Hosting

Jenis hosting yang kami pesan di GoDaddy merupakan shared hosting Linux, dengan paket ekonomi seharga IDR 55.000/bulan namun mendapat diskon menjadi IDR 14.000/bulan. Harga yang sangat terjangkau untuk hosting global seperti GoDaddy. Kami awalnya ragu untuk menjadikannya sebagai hosting utama. Namun kala itu kami yakin saja kalau layanan ini yang terbaik untuk kami. Terlebih mereka memberikan jaminan waktu operasi 99,9%, pusat data global mereka juga sangat mendukung uptime dan waktu muat web yang lebih cepat dari kompetitor.

Spefisikasi hosting yang kami gunakan saat ini performa standar GoDaddy, dengan 100 GB penyimpanan untuk 1 situs web. Anda juga akan mendapatkan gratis domain (seharga IDR 156.000/tahun) dan email profesional (seharga IDR 159.000/tahun). Selain itu, paket ini dapat menampung 10 database dan bandwidth tidak dibatasi. Ini artinya Anda tidak perlu khawatir bandwidth Anda jebol dan kena biaya tambahan karena jumlah pengunjung yang membludak.

Data Center

GoDaddy memiliki data center yang tersebar di 3 benua yaitu Asia, Eropa dan Amerika Utara. Mereka menggunakan data center sendiri untuk web hosting mereka. Dilansir dari HostAdvice, mereka juga menggunakan beberapa data center AWS untuk Managed WordPress. Menurut data dari Data Center Locator dari Geekflare yang kami gunakan untuk mengetahui lokasi data center GoDaddy, mereka memiliki data center di Singapore, Amsterdam, Ashburn, Mesa dan Los Angeles.

Harga

Paket yang kami gunakan yaitu paket Ekonomi, dengan harga IDR 55.000/bulan untuk harga normal, namun Anda akan mendapatkan harga spesial yaitu IDR 14.000/bulan melalui link ini.

3a2ce6e9

Antarmuka Dasbor

GoDaddy menggunakan beberapa panel, yaitu Plesk dan cPanel. Sedangkan paket hosting yang kami gunakan menggunakan cPanel dengan sistem operasi Linux. Antarmuka yang ditampilkan cukup mudah dan sederhana, dengan beberapa pintasan seperti Manajer File, phpMyAdmin dan Manajer FTP. Pintasan ini sangat memudahkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur penting.

6aa21d00

Untuk menggunakan fitur-fitur di cPanel, Anda dapat mengklik cPanel Admin dan akan diarahkan ke dasbor cPanel. Kemudian Anda dapat melakukan pekerjaan Anda di dasbor tersebut.

Performa

Walaupun kami menggunakan shared-hosting, kami mendapat performa dan kinerja yang bagus. Dengan skor yang luar biasa. Ini dapat dilihat dari skor PageSpeed Insights berikut:

8ff4223f
adb59ecd

Selain karena faktor hosting, ada beberapa faktor lainnya seperti jumlah plugin yang digunakan, tema yang optimal dengan kinerja yang baik. Selain itu, plugin yang Anda gunakan harus dibuat dengan pengkodean yang rapi dan bersih, seperti plugin kontak form yang kami gunakan saat ini WPForms.

Dengan kombinasi antara hosting, plugin dan tema yang digunakan ini. situs web Anda dapat bekerja dengan cepat dan ringan. Apabila Anda memerlukan jasa optimasi WordPress, silakan kontak kami.

Kesimpulan

Walaupun GoDaddy masih menjual layanan shared hosting, namun layanan yang mereka berikan tidaklah main-main. Dengan performa dan kinerja yang baik, mereka mampu menyajikan layanan yang andal, murah dan terjangkau. Ini tidak lepas dari reputasi dan kualitas layanan mereka yang telah dikenal secara global.

Kunjungi GoDaddy

Dukung kami di: KaryaKarsa | Nih Buat Jajan

Dapatkan Canva Pro gratis disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MauCariApa.com mungkin mendapatkan komisi dari merujuk pengunjung ke produk, perangkat lunak, dan layanan menggunakan kemitraan afiliasi.