thinkplus lp3.jpg thinkplus lp3.jpg

Review TWS Lenovo ThinkPlus LivePods LP3 Pro Indonesia

Tren TWS memang cukup populer beberapa tahun belakangan ini, merk-merk besar seperti Edifier, Xiaomi, Lenovo tidak kalah sengit bersaing di pasar TWS ini, tidak ketinggalan juga merk-merk baru seperti Acmic, Acome, Robot dan Nokia yang ikut meramaikan persaingan.

TWS sendiri merupakan singkatan dari True Wireless Stereo (TWS), yaitu teknologi di bidang audio yang menghadirkan pengalaman baru bagi penggunanya, karena benar-benar dirancang untuk mendengarkan musik, film maupun audiobook. Singkatnya, TWS dibuat untuk memfasilitasi pengguna dalam menikmati hiburan. Cara pemasangannya pun mudah, pengguna hanya perlu mengaktifkan koneksi bluetooth di perangkatnya dan TWS akan terdeteksi kemudian hubungkan ke perangkat pengguna.

Konsep TWS ini sebenarnya tidak benar-benar baru, beberapa tahun sebelum TWS terkenal, sudah ada headset/earphone dengan koneksi bluetooth yang melingkar mengikuti lekuk daun telinga, kalau tidak salah, Samsung adalah salah satu produsen headset jenis ini. Namun belakangan, istilah headset ini bergeser menjadi TWS seperti yang kita kenal sekarang.

Kembali ke pembahasan TWS Lenovo LivePods LP3 Pro, dibawah sub-merk ThinkPlus, Lenovo menghadirkan TWS ini untuk bersaing bersama merk-merk seperti Acmic, Nokia, SoundPEAT bahkan Xiaomi. Membawa nama besar Lenovo memang suatu keunggulan bagi TWS ini, namun pengguna memerlukan kualitas alih-alih nama besar merk.

Seperti biasa, saya akan membahas terlebih dahulu kemasan dan tampilan fisik TWS LivePods LP3 Pro ini.

Kemasan dan tampilan fisik

Sepertinya bubble wrap dan plastik tebal sudah menjadi ciri khas pengemasan paket di marketplace kita; sudah seperti standar tersendiri untuk menjaga keamanan paket dan memberikan kenyaman pada pengguna walaupun pada akhirnya tidak ramah lingkungan. Saya sendiri tidak mempermasalahkan kemasan paket yang seperti ini.

Pada saat paket dibuka, kemasan produk dibungkus plastik bening yang menempel rapat seperti kebanyakan produk baru; hal ini juga sama dengan kemasan produk HDD caddy yang saya beli dari Ugreen di Tokopedia.

Pada bagian depan, terdapat tulisan merk dan jenis TWS ini, yaitu thinkplus LivePods LP3 Pro, lengkap dengan tampilan TWS tersebut. Pada bagian kanan bawah, terdapat tulisan Lenovo dengan latar merah.

pxl 20230221 050807921
original 650cc466 841f 4992 8364 392d38d2afd8 pxl 20230221 134002277 1

Sedangkan pada bagian belakang, masih ada tulisan thinkplus dan LivePods LP3 Pro. Terdapat juga spesifikasi singkat yang ditulis dalam bahasa Inggris dan Mandarin. Ada juga S/N dari TWS ini.

Setelah kemasan dibuka, ada beberapa kelengkapan pada TWS ini yakni buku petunjuk, kartu garansi, earbuds cadangan, dan kabel charger.

original c45573a7 86d9 4aa8 9f17 d193d444dc4b pxl 20230221 134141285
original 748bb1bb cfa2 4a61 82ae 943c823d2825 pxl 20230221 221703860

Konektivitas

TWS ini dapat dihubungkan ke berbagai perangkat yang memiliki konektivitas buetooth, baik laptop, tablet maupun ponsel.

Untuk menghubungkan TWS, kita hanya perlu menambahkan perangkat dengan nama thinkplus-LP3 Pro. Setelah terhubung, kita dapat menggunakannya untuk mendengarkan musik ataupun mendengarkan audiobook.

screenshot 20230225 1059302

Sebenarnya cara menghubungkan perangkat TWS ini sama dengan kebanyakan perangkat bluetooth.

Kualitas suara

Kualitas suara yang dihasilkan cukup bagus menurut saya, bass dan treblenya seimbang. Ketika saya gunakan di tab, volumenya harus lebih tinggi dari biasanya, yaitu sekitar 70%. Dalam jangka panjang sebenarnya ini kurang sehat untuk telinga, namun karena keluaran suara TWS ini kecil, jadi tidak terlalu masalah untuk sedikit meningkatkan volume suara pada perangkat.

Untuk besaran suara, daya dan sensitivitas perangkat dapat dilihat pada bagian belakang dus kemasan dan di buku panduan.

Saya gunakan TWS ini di tab selama 60 menit nonstop, telinga saya tidak merasakan sakit atau panas, telinga tetap nyaman dan suara masih sama seperti di menit pertama. Singkatnya, Lenovo mampu mempertahankan kualitas suara dari awal digunakan sampai baterai TWS habis.

Kapasitas baterai

Kapasitas untuk casing TWS ini adalah 1200 mAh, sedangkan kapasitas daya untuk masing-masing earpiece adalah 35 mAh yang mampu bertahan hingga 4 jam sebelum di cas kembali di dalam casing.

Port charger ini masih menggunakan micro USB, TWS ini dapat digunakan sebagai power bank darurat karena tersedia port USB A untuk mengalirkan daya dari casing ke perangkat lain.

Kesimpulan

Sebenarnya TWS ini hanya dijual di China Daratan (Tiongkok) saja, namun karena banyaknya permintaan atau karena ekspansi bisnis, TWS ini dijual ke Indonesia melalui toko resmi thinkplus yang tersedia di marketplace lokal seperti Tokopedia. Garansi yang diberikan adalah 12 bulan garansi resmi Lenovo Indonesia. Untuk harganya sendiri, saya mendapatkan harga Rp. 169.000,- belum termasuk ongkir ketika artikel ini dibuat. Mungkin harga aktual sudah turun atau sebaliknya


Discover more from MauCariApa.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

Leave a Reply

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading