Program Baru Red Hat Enterprise Linux: Cara Termudah Untuk Mengakses RHEL

Red Hat baru-baru ini mengumumkan bahwa CentOS Linux 8, sebagai rekonstruksi RHEL 8, akan berakhir pada tahun 2021. CentOS Stream berlanjut setelah tanggal tersebut, berfungsi sebagai cabang hulu (pengembangan) dari Red Hat Enterprise Linux. Kabar ini mendapat reaksi keras dari komunitas open-source dan pengguna CentOS. Hari ini, Red Hat merilis opsi baru di mana langganan pengembang RHEL sekarang dapat digunakan di lingkungan produksi.


Pengembang dan tim dapat memiliki RHEL hingga 16 sistem. Dengan kata lain, ini adalah RHEL tanpa biaya yang dapat digunakan oleh tim kecil dan pengembang untuk membangun paket dan dalam lingkungan produksi.

RHEL tanpa biaya untuk beban kerja produksi kecil

Ketika CentOS Linux menyediakan distribusi Linux tanpa biaya, RHEL tanpa biaya juga tersedia hari ini melalui program Red Hat Developer. Persyaratan program mereka sebelumnya sangat ketat, salah satunya membatasi penggunaannya untuk pengembang mesin tunggal.

Kami menyadari bahwa ini adalah batasan yang menantang.

Red Hat

RHEL mandiri tanpa biaya, pengguna hanya perlu masuk dengan akun Red Hat gratis (atau melalui sistem masuk tunggal melalui GitHub, Twitter, Facebook, dan akun lain) untuk mengunduh RHEL dan menerima pembaruan. Tidak ada lagi yang dibutuhkan. Ini bukan program penjualan dan tidak ada perwakilan penjualan yang akan menindaklanjutinya. Opsi berlangganan akan tetap ada untuk memudahkan pengguna meningkatkan ke dukungan penuh, tetapi hal tersebut dikembalikan pada pilihan pengguna.

Menariknya, Anda juga dapat menggunakan program Pengembang Red Hat ini untuk menjalankan RHEL di cloud publik utama termasuk AWS, Google Cloud Platform, dan Microsoft Azure. Anda hanya perlu membayar biaya hosting biasa yang dikenakan oleh penyedia layanan; sistem operasi ini gratis untuk beban kerja pengembangan dan produksi kecil.

Langganan Pengembang Perorangan yang diperbarui untuk RHEL akan tersedia selambat-lambatnya 1 Februari 2021.

Opsi Red Hat tanpa biaya

Opsi baru ini akan sangat membantu:

  • Pengembang
  • SysAdmin
  • Tim pengembang kecil
  • Organisasi nirlaba yang sebelumnya menggunakan CentOS sebagai pengganti drop-in untuk RHEL.

Kesimpulan

Singkatnya, sekarang Red Hat menawarkan langganan RHEL gratis untuk pengembang dan siapa saja yang ingin menjalankan produksi hingga 16 lisensi (local, server atau VM yang berjalan di cloud). Fedora akan bertindak sebagai sistem operasi mutakhir untuk pengguna desktop Linux, dan versi utama RHEL berikutnya akan didasarkan pada Fedora. CentOS Stream akan berlanjut sebagai cabang pengembangan untuk versi minor RHEL berikutnya. Tidak ada yang berubah untuk pelanggan perusahaan, bank, pemerintah, pengguna pusat data, dan lainnya yang sudah ada. Mereka akan tetap menggunakan langganan berbayar seperti biasa. Jika Anda membutuhkan lebih dari 16 server yang didukung oleh RHEL, Anda harus berlangganan Red Hat.

Sumber: Red Hat

Langganan Newsletter MauCariApa.com

Dapatkan artikel terbaru langsung ke email Anda. Kami mengirimkan newsletter mingguan, bukan spam!

Berita
Red Hat
Share: