Indonesia Website Awards

Processor Hybrid Misterius AMD Akhirnya Terungkap

amd phoenix2.jpg

AMD sebelumnya telah mengatakan mereka akan mengikuti jejak intel dalam bisnis hybrid processor dalam dua tahun ini, namun sejauh ini tidak ada informasi yang pasti mengenai kelanjutan kabar tersebut.

Setelah beberapa waktu “menghilang”, akhirnya kabar ini kembali mencuat dengan beredarnya foto dan berita mengenai hybrid processor AMD, yaitu Phoenix 2 APU. Dikabarkan base dari Phoenix 2 ini menggunakan Ryzen Zen 4 standar, sedangkan chip server terbarunya menggunakan chip Zen 4c yang lebih kecil, namun keduanya belum digabungkan. Sebuah foto baru dari hybrid processor AMD hybrid baru-baru ini viral, menggabungkan die Zen 4 dan Zen 4c serta GPU kecil, menjadikannya APU Phoenix 2 generasi berikutnya dari perusahaan.

AMD Phoenix 2. Image credit: @9550pro/HXL (Twitter/X)
APU hybrid pertama AMD dilaporkan menggunakan 2 core Zen 4, dan 4 core Zen 4c untuk 6-core dan 12-threads. Image credit: @9550pro/HXL (Twitter/X)

Dua foto yang diunggah oleh pengguna @9550pro/HXL ke Twitter/X tersebut menunjukkan inti Zen 4 dan Zen 4c berdampingan untuk pertama kalinya, menunjukkan bahwa AMD akan segera meluncurkan perangkat keras baru ini, dengan fokus pada efisiensi dibandingkan performa.

Menurut rincian lebih lanjut yang diberikan oleh HXL, core Zen 4c kira-kira 35% lebih kecil dari kakaknya. Namun, mereka menawarkan instruksi per jam (IPC) yang sama dan ISA yang sama seperti Zen 4, pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan Intel. Sejauh ini, die Zen 4c hanya muncul di chip server terbarunya, CPU Epyc Bergamo 128-core.

Recommended:  HONOR 70 Series diakui sebagai "Best of IFA" dengan berbagai penghargaan media