blog covers 768x433

Survei online atau survei web adalah alat pengumpulan data populer yang membantu organisasi mengumpulkan masukan dari pelanggan, karyawan atau responden secara umum. Data yang terkumpul kemudian dipelajari tim internal atau oleh pihak yang membuat survey tersebut.

Anda dapat membuat formulir survey pada situs web, termasuk WordPress. Namun Anda perlu memilih plugin yang mendukung fitur ini, karena tidak semua plugin WordPress terutama plugin formulir yang dapat membuat formulir survey seperti yang Anda harapkan.

Memilih Plugin Yang Tepat

Ada beberapa plugin formulir yang cukup populer untuk situs WordPress, namun memilih yang benar-benar tepat dan dapat membuat form survey bukanlah pekerjaan mudah. Anda harus menggunakan plugin formulir yang memiliki integrasi lengkap seperti WPForms yang memiliki fitur Survey & Polls. Jadi, selain Anda dapat membuat form survey, Anda juga dapat membuat poling secara online mengggunakan plugin ini.

Instalasi Plugin & Addons

Memasang & Mengaktifkan Plugin WPForms

Untuk memasang plugin, Anda cukup masuk ke dasbor WordPress Anda, kemudian klik Plugin > Tambah Plugin Baru, lalu unggah plugin WPForms yang telah Anda unduh dari akun WPForms Anda. Klik Aktifkan agar plugin dapat aktif dan langsung dapat digunakan.

Setelah berhasil diaktifkan, salin kode lisensi yang ada di akun WPForms Anda, kemudian tempel di halaman WPForms > Settings. Setelah ditempel, klik tombol aktifkan untuk mengaktivasi kode tersebut dan lisensi WPForms akan aktif sesuai jenis langganan Anda.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

7227d5e2

Mengaktifkan Addons Survey & Polls

Setelah mengaktifkan plugin WPForms, Anda dapat masuk ke menu WPForms di dasbor WordPress Anda, kemudian klik menu Addons, cari addons Survey & Polls.

d47141e5

Langkah selanjutnya, klik Install Addon untuk memasang dan addon akan langsung aktif.

220ea8a1

Pada gambar diatas, addon Survey & Polls telah aktif dan dapat segera digunakan. Langkah selanjutnya yaitu membuat form survey.

Membuat Form Survey

Memilih Judul & Templat

Sekarang kita akan membuat form survey di WPForms. Untuk memulai, Anda dapat mengklik menu WPForms di dasbor WordPress, kemudian klik Add New. Setelah itu, pilih templat dan masukkan nama judul formulir Anda. Ada dua opsi untuk membuat form survey ini, yaitu menggunakan templat yang telah disediakan oleh plugin atau membuat form dari nol dengan Blank Form. Pada kesempatan kali ini, kita akan membuat form survey menggunakan Blank Form.

b090af1a

Untuk nama atau judul form survey ini, kita akan membuat form survey dengan judul Survey Kepuasan Kinerja Petugas Desa Cidaun. Sedangkan jenis templat yang dipilih yaitu Blank Form. Dengan memilih jenis templat ini, Anda diberi kebebasan dalam membuat formulir; tidak hanya untuk formulir survey, namun untuk yang lainnya pula.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

Form Builder

Pada WPForms, Anda tidak perlu mengetik kode atau membuat bidang seperti teks atau paragraf. Anda cukup mengklik bilah alat di sebelah kiri dan menariknya ke area form builder di sebelah kanan. Dengan cara ini, Anda akan lebih cepat dan mudah dalam pembuatan form survey, tidak perlu membuang banyak waktu.

0f899203

Sekarang kita akan mulai membuat form, langkah pertama yaitu menambahkan bidang nama dan email untuk identitas pengguna.

screenshot 2021 06 15 064239

Selanjutnya menambahkan bidang Likert Scale atau Net Promotor Score untuk pertanyaan pada form Anda, atau menggabungkan keduanya. Pada pembuatan survey ini, kita akan menggunakan bidang Likert Scale karena masing-masing bagian/section memiliki beberapa pertanyaan.

screenshot 2021 06 15 110107

Untuk membuat judul serta memisahkan bidang data diri dan survey, kita dapat membuatnya menggunakan Section Divider.

8b366101

Chaptcha

Untuk melindungi formulir dari serangan bot dan spam, kita dapat menggunakan fitur chaptcha yang tersedia di WPForms. Namun sebelum dapat menggunakan fitur ini, Anda harus mengatur key di menu Settings > Chaptcha pada WPForms Anda.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

aa5b0fac

Pada pengaturan Chaptcha, Anda dapat menggunakan hChaptcha dan reChaptcha. hChaptcha hanya menyediakan satu opsi, sedangkan reChaptcha menyediakan tiga opsi yaitu:

  • v2 Checkbox reCAPTCHA: Meminta pengguna untuk mencentang kotak untuk membuktikan bahwa mereka manusia.
  • v2 Invisible reCAPTCHA: Menggunakan teknologi canggih untuk mendeteksi pengguna nyata tanpa memerlukan input apa pun.
  • v3 reCAPTCHA: Menggunakan sistem penilaian di belakang layar untuk mendeteksi lalu lintas yang melanggar, dan memungkinkan Anda menentukan skor kelulusan minimum. Direkomendasikan untuk penggunaan lanjutan saja (atau jika menggunakan Google AMP).

Untuk menggunakan layanan reChaptcha, Anda harus mendaftarkan situs web Anda pada https://www.google.com/recaptcha/about.

Pada pembuatan formulir survey ini, kita akan menggunakan reChaptcha dengan opsi v2 Invisible reCAPTCHA. Opsi ini merupakan yang paling sederhana dan mudah digunakan.

dbba6745

Apabila Anda menggunakan chaptcha pada halaman lain atau Anda mengalami kendala ketika menggunakan fitur ini. Anda dapat mencentang kotak No-Conflict Mode. Opsi ini akan memperbaiki masalah pada chaptcha di situs WordPress Anda.

Setelah semua pengaturan chaptcha di setel, Anda dapat menggunakan bidang reChaptcha pada formulir survey ini. Anda cukup mengklik bidang reChaptcha dan fitur ini akan aktif dengan menampilkan notifikasi seperti dibawah ini:

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

621ee945

Setelah Anda mengklik OK, Anda dapat melihat reChaptcha aktif dengan tampilan banner di sebelah kanan.

c7b31011

Pengaturan Form

Pada pengaturan form, Anda dapat mengatur tombol Submit menjadi tombol lain, misalnya Kirim. Caranya dengan mengklik Settings > General, skrol kebawah dan cari Submit Button Text. Kemudian ubah bidang tersebut sesuai keinginan.

Anda juga dapat mengaktifkan notifikasi lewat email ketika ada responden yang mengisi survey Anda.

f3ca53a5

Pada pengaturan ini, Anda dapat menyesuaikan konfigurasi seperti notifikasi akan dari dikirim dari mana dan kemana. Judul email, nama pengirim, email pengirim dan lain-lain.

Setelah mengatur notifikasi, Anda dapat mengatur konfirmasi halaman setelah survey selesai diisi. Apakah akan tetap di halaman namun dengan menampilkan pesan, atau diarahkan ke halaman lain namun masih dalam situs web tersebut. Opsi lainnya, diarahkan ke halaman di situs web lain.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

Pada formulir survey ini, kita akan menampilkan pesan berupa ucapan terimakasih kepada responden. Seperti pada gambar dibawah ini:

2cc37609

Langkah selanjutnya, yaitu mengatur hasil survey. Apakah hasil survey akan ditampilkan secara detail pada dasbor WordPress atau tidak. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengaturnya di Settings > Survey & Polls pada formulir Anda. Kemudian centak Enable Survey Reporting untuk mengaktifkan laporan hasil survey secara detail pada dasbor WordPress Anda.

screenshot 2021 06 15 094848

Untuk pembuatan formulir survey ini, kita tidak akan menggunakan opsi Enable Polling Reporting, karena opsi ini hanya digunakan ketika membuat polling.

Menggunakan Shortcode Di Halaman

Untuk menampilkan formulir di situs WordPress, Anda cukup menyalin dan tempel shortcode dari WPForms ke halaman di situs WordPress Anda.

62b7bd01

Entri Survey

Pada halaman ini, Anda akan melihat grafik responden mengisi formulir Anda, lengkap dengan jumlah entri pada masing-masing form. Untuk mengecek apa yang dijawab oleh responden, Anda dapat melihatnya pada menu WPForms > Entries di dasbor WordPress Anda.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

c7751d82

Ketika Anda mengklik nama formulir, sistem akan menampilkan hasil survey lengkap dengan entri dari responden. Sehingga Anda dapat mempelajari dan melakukan penilaian atas hasil survey tersebut. Fitur hasil survey hanya akan terlihat apabila kita kita telah mencentang opsi Enable Survey Reporting pada pengaturan form.

e1c5a99d
0525a691

Pengujian Formulir Survey

Kami telah membuat video pengujian formulir survey, seperti video dibawah ini:

Penutup

Selain membuat formulir survey, Anda juga dapat membuat polling menggunakan WPForms dengan addons Survey & Polls. Anda juga dapat membuat formulir lainnya seperti formulir pembayaran, registrasi dan masih banyak lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *