huawei

Huawei Cloud merupakan layanan teknologi dari Huawei Marquee yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang produk dan infrastruktur teknologi informasi sehingga dapat membantu pelanggan membangun apa yang mereka perlukan.

Layanan Huawei Cloud

Huawei Cloud menyediakan produk-produk seperti penyedia layanan cloud pada umumnya. Ini termasuk layanan Compute, Storage, Network, Security, AI & Big Data, dan lainnya. Produk-produk tersebut akan bersaing dengan produk serupa dari kompetitor seperti Google, AWS, Alibaba Cloud dan Azure.

Pada akhir tahun 2019, Huawei Cloud telah meluncurkan 210+ solusi dan layanan cloud. Dengan konsumen dari berbagai sektor seperti kantor pemerintah, berita, media sosial, produsen mobil, retail, keuangan dan industri lainnya. Mereka akan mendapatkan manfaat diantaranya tersedianya 3.500 aplikasi yang ditambahkan ke marketplace Huawei Cloud yang didukung oleh lebih dari 13.000 mitra bisnis.

Core Service

Layanan utama Huawei ada pada platform komputasi yang kuat, platform pengembangan yang mudah digunakan untuk membangun AI dan Big Data yang semakin populer hari ini. Pada Huawei Connect 2018, mereka merilis platform AI mereka yaitu ModelArts, HiLens dan simulator quantum computing HiQ.

Huawei juga menyiapkan Program Pemberdayaan Pengembang AI untuk mendorong kolaborasi dengan pengembang, mitra, universitas, dan lembaga penelitian, dengan tujuan akhir menjadikan AI lebih inklusif.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

Free Packages

Free Packages merupakan penawaran khusus bagi pengguna baru yang ingin mencoba layanan Huawei Cloud. Ini mirip dengan layanan free trial Alibaba Cloud, AWS atau Google yang menawarkan pengguna untuk mencoba produk mereka sebelum beralih sepenuhnya ke layanan tersebut. Namun yang menjadikan Free Packages Huawei istimewa yaitu spesifikasi layanan yang ditawarkan cukup tinggi.

Pada kategori Compute misalnya, Anda akan mendapatkan server dengan spesifikasi:

  • Flavor: s3.large.2
  • vCPU: 2vCPUs
  • Memory: 4GB
  • OS: Windows/Linux

Namun sayangnya, layanan yang ditawarkan oleh Huawei Cloud masih kalah lengkap dari AWS, Google atau Alibaba Cloud yang memberikan lebih banyak produk dalam free trial mereka. Untuk mengatasi hal ini. Huawei Cloud memberikan rata-rata 1500 jam/bulan selama setahun untuk masing-masing produk yang mereka tawarkan dalam Free Packages, jauh lebih besar dibanding AWS yang hanya memberikan 750 jam/bulan selama setahun. Selain itu, AWS hanya memberikan server t2.micro (atau t3.micro yang tersedia di beberapa negara). Spesifikasi t2 dan t3 micro ini jauh lebih kecil dari apa yang ditawarkan oleh Huawei. Tentu ini merupakan nilai tambah bagi pengguna, dimana mereka dapat melakukan lebih banyak hal dengan Huawei Cloud.

Cara Klaim Free Packages Huawei Cloud

Untuk dapat menikmati layanan Free Packages ini, Anda cukup mendaftar hanya perlu mendaftar layanan Huawei Cloud. Kemudian melengkapi registrasi dan verifikasi email. Langkah selanjutnya, menautkan metode pembayaran dengan akun Anda. Tanpa ini, Anda tidak dapat menggunakan layanan Free Packages.

Kami mencoba menautkan kartu debit DBS, namun ditolak. Ternyata, Huawei Cloud hanya mendukung metode pembayaran dengan kartu kredit berlogo Visa/Mastercard, kartu debit, prepaid, gift tidak didukung. PayPal yang merupakan alat pembayaran global pun belum dapat digunakan disini.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

Namun Anda dapat menggunakan kartu debit namun dengan cara berbeda. Kami telah berhasil menambahkan kartu debit, yaitu dengan cara membuat tiket dukungan, beberapa hari kemudian, Customer Manager Huawei akan menghubungi Anda via email terdaftar. CM akan menanyakan beberapa hal, diantaranya tujuan Anda membuat akun di Huawei Cloud, resource apa yang akan digunakan, kemudian yang terakhir yaitu menanyakan nomor debit yang akan Anda tautkan dengan akun Huawei Cloud Anda.

screenshot 2021 06 25 143610

Setelah CM mengonfirmasi bahwa sistem telah mengizinkan nomor debit yang telah diinfokan sebelumnya, Anda dapat langsung menautkan kartu debit tersebut dengan catatan harus terdapat saldo €0.82 atau $1 atau senilai IDR 14.000-an di dalam kartu debit tersebut. Namun demi kenyamanan Anda, sebaiknya sediakan saldo lebih dari 14 ribu. Saldo tersebut akan segera dikembalikan dalam beberapa jam atau hari.

38cfb657

Kesimpulan

Itulah tutorial mendapatkan Free Packages Huawei Cloud yang memiliki fitur dan spesifikasi yang menarik untuk dicoba. Selain Compute, Anda juga dapat mencoba Database seperti RDS for MySQL, Postgre dan SQL Server. MongoDB juga tersedia melalui Document Database Service.

Selain layanan diatas, tersedia layanan gratis selamanya, diantaranya Auto Scaling, Domain Name Service (DNS), Cloud Eye (untuk realtime monitoring) dan lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *