Alibaba Cloud didirikan pada tahun 2009, menyediakan layanan komputasi dan kecerdasan buatan yang andal kepada ribuan perusahaan, pengembang, dan organisasi pemerintah di lebih dari 200 negara.

Layanan Alibaba Cloud

Alibaba Cloud menyediakan layanan cloud, database, big data, AI dan layanan teknologi lainnya yang bertujuan membantu pengguna menemukan solusi yang cocok untuk bisnis mereka. Layanan ini diantaranya Elastic Compute, CDN, Hybrid Cloud, IoT, Container, Middleware dan lain-lain yang dapat bersaing dengan kompetitor mereka.

Alibaba Cloud memiliki data center tersedia pada 75 zona dan tersebar di 24 wilayah di seluruh dunia. Data Center mereka akan terus bertambah seiring pesatnya pertumbuhan bisnis Alibaba yang menempati market share no. 1 di Asia Pasifik (berdasarkan laporan IaaS dan IUS market share yang dirilis oleh Gartner pada 2019).

Di Indonesia sendiri, Alibaba Cloud telah menempatkan 2 data center di Jakarta dan 1 lagi akan segera diresmikan, total akan ada 3 data center Alibaba Cloud di Indonesia.

6fde5c22

Free Trial

Sama seperti layanan cloud lainnya, Alibaba Cloud menawarkan free trial untuk calon pengguna mereka. Free trial ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Personal dan Enterprise.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

Pada akun Personal, pengguna akan mendapatkan penawaran gratis senilai $300-780 USD. Ini termasuk layanan ECS Burstable Type 1C 1G untuk 12 bulan, Alibaba Cloud Public DNS gratis 10 jt quota/bulan, ApsaraDB for RDS, Redis, MongoDB, PolarDB & ClickHouse selama 1 bulan.

Sedangkan untuk akun Enterprise, pengguna akan mendapatkan 50+ penawaran gratis senilai $1700-$8500 USD, jauh lebih besar daripada akun Personal. Ini Termasuk Burstable Type 2C 2G selama 12 bulan, ApsaraDB for RDS. Redis, MongoDB selama 2 bulan. Selain itu, pengguna akan mendapatkan credit senilai $55 USD untuk mencoba layanan Server Load Balancer, credit $12 USD untuk Object Storage dan layanan menarik lainnya.

Namun Anda wajib menyelesaikan verifikasi pendaftaran nama asli perusahaan untuk menikmati konfigurasi yang lebih tinggi dan perpanjangan masa percobaan gratis untuk produk tertentu.

Untuk mendapatkan free trial diatas, baik akun Personal dan Enterprise. Anda hanya perlu menambahkan metode pembayaran, Anda dapat menambahkan kartu debit atau kredit untuk menyelesaikan langkah ini. Setelah menambahkan metode pembayaran selesai, Anda dapat langsung menggunakan layanan free trial sesuai dengan tipe akun Anda.

Penutup

Verifikasi nama asli perusahaan maupun metode pembayaran yang diwajibkan oleh Alibaba Cloud tidak sesulit Huawei Cloud yang mewajibkan pengguna membuat tiket agar dapat menggunakan kartu debit. Dalam metode pembayaran, Alibaba Cloud lebih unggul. Namun dari segi layanan, terutama ECS, Huawei Cloud lebih unggul.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

Proses verifikasi personal tidak memerlukan dokumen seperti paspor atau identitas lainnya seperti AWS yang mewajibkan pengguna memverifikasi data mereka walaupun telah menambahkan metode pembayaran sebelum dapat menggunakan layanan AWS.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *