Fedora Linux Kini Tersedia Untuk Prosesor Apple M Series

Tim Asahi Linux telah merilis versi pertama remix Fedora 39 untuk Apple Silicon Mac; setidaknya untuk beberapa generasi pertama.

Fedora Linux Kini Tersedia Untuk Prosesor Apple M Series


Tim Asahi mengumumkan rilis di Mastodon. Hector Martin dari Asahi memberikan ceramah pada Ubuntu Summit baru-baru ini, menggarisbawahi bahwa Asahi bukan hanya edisi Fedora – ada versi Asahi dari Ubuntu, Debian, dan berbagai distro lainnya juga.

Meskipun demikian, beberapa bulan yang lalu pemimpin proyek tersebut mengumumkan bahwa Fedora adalah andalan mereka.

Fedora-Asahi Linux berjalan pada komputer berbasis ARM Apple. Secara khusus, Anda kini dapat menjalankan distro di semua perangkat Apple M1 dan M2 series MacBook, Mac Mini, Mac Studio, dan iMac.

Mac Pro saat ini tidak didukung tetapi akan tersedia pada rilis Fedora Linux 40 di masa mendatang, yang juga diharapkan memberikan dukungan OpenGL 4.x dan Vulkan serta dukungan penuh grafis Apple M1/M2.

💡
Untuk mencoba atau mempelajari lebih lanjut, kunjungi asahilinux.org

Remix ini didasarkan pada Fedora Linux 39, yang dirilis pada bulan November. Distro ini menggunakan kernel Linux 6.5.6.

Programmer dari Proyek Fedora dan Ashai Linux telah berupaya mewujudkan rilis Linux ini selama bertahun-tahun. Seperti yang dijelaskan oleh pendiri dan pemimpin proyek Asahi, Hector Martin, "Proyek Fedora Asahi dimulai pada akhir tahun 2021, dan pengerjaannya dimulai pada tahun 2022 bersamaan dengan rilis Arch ARM."

Seperti halnya proyek baru lainnya, masih ada beberapa bug. Meski begitu, rilis ini merupakan langkah maju yang besar dalam menjembatani kesenjangan antara Linux dan perangkat keras silikon Apple.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan