Dimensity 9300 Miliki Performa Setara Snapdragon 8 Gen 3

dimensity 9300.jpg
June 23, 2023
Share

Sementara kedua SoC dikabarkan menampilkan konfigurasi CPU yang berbeda, unggulan MediaTek yang akan datang dikatakan memiliki cluster yang unggul, tetapi terlepas dari keunggulan ini, seorang informan menyebutkan bahwa perbedaan kinerja tidak terlalu banyak.

Sebelumnya, ada rumor yang menyebutkan bahwa Dimensity 9300 memiliki konfigurasi CPU 4+4, yang berarti bahwa chipset tersebut akan ditenagai oleh empat core berkinerja tinggi, yang dalam hal ini adalah Cortex-X4. Belakangan, kami mengetahui bahwa salah satu dari empat core performa tersebut akan berjalan dengan kecepatan clock yang lebih cepat daripada tiga core lainnya, jadi kami tidak akan mengharapkan kemampuan yang sama. Namun, di Weibo, Obrolan digital mengungkap beberapa aspek mengecewakan dari Dimensity 9300, terutama GPU-nya.

Dimensity 9300 diharapkan mampu mengungguli Snapdragon 8 Gen 2, namun tidak banyak membuat perubahan, karena Mediatek hanya meningkatkan komponen GPU sebesar 20% lebih cepat dari Adreno 740 yang disematkan pada Snapdragon 8 Gen 2.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun CPU berpotensi kuat, MediaTek mungkin tidak memiliki akses ke GPU yang sangat mumpuni, dan itu karena terbatas pada desain yang dirilis ARM setiap tahun. Keterangan rahasia juga menyebutkan bahwa hasil keseluruhan akan bergantung pada konsumsi daya kedua chipset. Karena baik Dimensity 9300 dan Snapdragon 8 Gen 3 dilaporkan diproduksi secara massal dengan proses 4nm TSMC yang ditingkatkan (juga dikenal sebagai N4P), seharusnya tidak ada banyak perbedaan di antara keduanya.

Recommended:  Windows 10 Tidak Akan Mendapat Pembaruan Versi Baru