Jakarta, 26 Desember 2022 – Ekosistem startup Indonesia kian berwarna-warni. Ada kisah yang cenderung suram, namun ada juga yang semarak memberikan harapan. Tahun 2022 dianggap banyak orang jadi tahun yang menantang, pasca pandemi dua tahun lalu yang memberikan efek kejut bagi perekonomian kita. Isu pasar keuangan global, makroekonomi, hingga resesi jadi “momok” yang seakan memberi peringatan bagi ekosistem startup teknologi kita, bahwa ada hal-hal yang patut digarisbawahi untuk dijadikan pelajaran di masa depan. 

Menutup akhir tahun, DailySocial.id resmi merilis laporan tahunan 2022 yang merangkum catatan penting perjalanan startup digital Tanah Air, yang dipublikasikan melalui situs resminya DailySocial.id Annual Report 2022.

Amir Karimuddin, Chief Editor and Research DailySocial.id mengatakan, “Industri startup Indonesia tahun ini menyaksikan sejumlah penutupan bisnis dan penghentian karyawan. Hal ini tidak terelakkan sebagai fase untuk membawa ekosistem ke kondisi yang lebih sehat dan lebih baik.”

“Dengan jumlah distribusi pendanaan yang sesungguhnya masih baik tahun ini, dua startup unicorn baru lahir. Keberlangsungan bisnis dan fokus menuju kondisi keuangan yang sehat akan menjadi metrik utama bagi banyak startup ke depannya,” lanjutnya.

Terdapat berbagai kabar dan pencapaian menarik seputar ekosistem startup lokal, yang bisa memberikan khazanah bahwa saat ini kita berada di jalur yang tepat menuju industri teknologi yang kuat, dan sehat secara berkelanjutan. Annual Report 2022 oleh DailySocial.id juga merangkum berbagai aktivitas yang termasuk dalam upaya kami menghubungkan ratusan inovator, startup, dan korporasi dalam kolaborasi untuk mendorong pertumbuhan ekosistem digital tanah air di berbagai sisi.

“Startup Winter” di Indonesia?

Di Annual Report 2022 ini, “startup winter” menjadi pembahasan awal yang menarik untuk disimak. Fenomena yang terjadi dalam skala global ini sangat disayangkan juga memberikan dampak di ekosistem tanah air. Kabar pengurangan pegawai, sampai penutupan bisnis atau pivot, dialami oleh beberapa entitas startup dalam berbagai skala – yang bahkan dialami pula oleh startup-startup berstatus ‘unicorn’. Meski demikian, Annual Report 2022 DailySocial mencatat, di balik kabar suram, ada pula beberapa kabar menarik seperti jumlah pendanaan startup Indonesia yang bisa mencapai miliaran dolar, hingga ada terdapat lebih dari dua ratus startup yang berhasil mengamankan pendanaan di tahun yang menantang ini.

2022 tahunnya Web3

Di ranah blockchain, tahun 2022 merupakan tahun lanjutan bagi gegap gempita proyek-proyek teknologi Web3. Di ranah lokal, Hybrid merangkum 5 (lima) proyek NFT terbaik, hingga daftar game berbasis NFT dan platform Metaverse lokal. Di sisi pendapatan royalti, Annual Report 2022 juga merangkum angka royalti yang fantastis hingga mencapai ratusan juta dolar. Untuk selengkapnya bisa Anda baca di sini.

Menghubungkan inovator, startup, dan korporasi ke dalam satu ekosistem teknologi 

Sebagai media modern yang memberikan dukungan keberlanjutan terhadap ekosistem, DailySocial.id berhasil menghelat berbagai inisiatif dengan tujuan tak hanya sekedar menghidupkan roda ekosistem, namun juga mengakselerasi pertumbuhan bagi berbagai stakeholder. Sepanjang 2022, DailySocial.id berhasil menginisiasi berbagai perhelatan berskala nasional seperti Indo NFT Festiverse, [email protected] OCBC NISP, Web3 Bootcamp, dan masih banyak lainnya. Ribuan jam interaksi, dan lebih dari empat ratus ribu waktu streaming di platform audio visual kami melengkapi berbagai aktivitas kami untuk turut berpartisipasi mendorong perekonomian digital bangsa.

Masih banyak lagi insight dan informasi menarik yang tentu sayang bila terlewati. Kunjungi “Annual Report 2022” dari DailySocial.id di halaman ini sekarang. Selamat membaca!