Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Operator Indonesia Terbaru 2024

Masa aktif pada kartu seluler yaitu periode masa pakai kartu tersebut.

Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Operator Indonesia Terbaru 2024


Jika sudah melewati masa pakai, pengguna tidak dapat menggunakan kartunya untuk melakukan panggilan, mengirim pesan atau menggunakan internet. Jika tidak diisi ulang, kemungkinan kartu akan dinonaktifkan oleh operator dan tidak bisa digunakan lagi.

Masa penggunaan kartu dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Masa aktif: Kartu dalam keadaan aktif dan dapat digunakan untuk telepon, pesan dan internet.
  • Masa tenggang: Kartu tidak dapat digunakan untuk telepon, pesan dan internet, untuk menggunakan kartu, pengguna harus mengisi pulsa atau kuota sehingga kartu dapat digunakan kembali.
  • Pasca tenggang (kartu hangus): Pada periode ini, kartu tidak dapat diisi pulsa maupun kuota. Kartu hanya dapat diaktifkan kembali di gerai resmi operator kartu tersebut paling lambat 7 hari setelah kartu hangus.
💡
Masa penggunaan kartu ini bersifat umum dan berlaku untuk semua layanan operator yang beroperasi di Indonesia.

Perpanjang masa aktif

Untuk menghindari kartu masuk masa tenggang atau bahkan kartu hangus, ada beberapa cara untuk memperpanjang masa aktif kartu yang digunakan, yaitu:

Isi pulsa

Metode ini merupakan metode yang umum digunakan, dengan mengisi pulsa, kita dapat membeli kuota internet ataupun menggunakannya untuk melakukan panggilan. Berikut ini rincian masa aktif kartu telkomsel sesuai nominal pulsa.

Masa aktif kartu Telkomsel/As/Loop. Image credit: Telkomsel

Untuk pengisian pulsa dapat dilakukan dari aplikasi MyTelkomsel, e-wallet, marketplace atau dari konter pulsa terdekat.

Untuk kartu lainnya, seperti Indosat maupun XL, masa aktif dari pembelian pulsa dapat berbeda-beda.

Isi kuota

Selain pulsa, mengisi kuota juga dapat menambah masa aktif kartu yang digunakan, masa aktif masing-masing kuota biasanya berkisar antara 5-30 hari.

Beli masa aktif

Selain membeli pulsa dan kuota untuk memperpanjang, pengguna dapat membeli masa aktif kartu dengan cara membeli paket "perpanjang masa aktif" di MyTelkomsel, pengguna Axis dapat membeli paket ini di aplikasi MyAxis. Sedangkan pengguna XL dapat melakukan pembelian paket perpanjangan masa aktif di aplikasi MyXL.

Sayangnya, pengguna Indosat tidak dapat membeli perpanjangan masa aktif, karena Indosat sendiri tidak menyediakan fasilitas tersebut. Sehingga penggunanya hanya dapat melakukan isi ulang pulsa maupun kuota untuk memperpanjang masa aktif kartunya.

Untungnya, masa aktif yang didapatkan dari pembelian pulsa maupun kuota cukup panjang, sehingga pengguna akan mendapatkan masa aktif yang panjang dengan membeli pulsa atau kuota minimal Rp. 50.000, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan masa aktif jika kartu Indosat mereka tetap digunakan.

Penutup

Itulah tips singkat memperpanjang masa aktif kartu seluler yang ada di Indonesia, semoga tutorial sederhana ini dapat membantu pembaca yang sedang mencari cara memperpanjang masa aktif selain dari membeli kuota dan pulsa.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan