Indonesia Website Awards

Cara Install Zoom Di Ubuntu 22.04

instalasi zoom ubuntu.png

Walaupun begitu, penggunaanya tetap banyak, karena Zoom merupakan salah satu aplikasi freemium lintas sistem operasi yang tersedia saat ini. Zoom memang memiliki banyak pesaing, salah satunya Cisco WebEx, namun kelebihan Zoom yang lintas OS menjadikannya sebagai salah satu opsi apalagi untuk pengguna GNU/Linux seperti saya.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana cara menginstal dan menjalankan Zoom Meeting di Ubuntu 22.04.

Langkah-langkah instalasi

  1. Unduh file installer Zoom dari situs resmi https://zoom.us/download?os=linux
    zoom-download.jpg
    Pilih Ubuntu, sebagai sistem operasi yang digunakan
    zoom-download-os.png
    Selanjutnya pilih arsitektur OS, misalnya x64
    zoom-download-os+arch.png
  2. Setelah diunduh, buka Terminal dan masuk ke direktori Download menggunakan perintah $ cd ~/Download kemudian instal Zoom menggunakan perintah $ sudo apt install ./zoom_amd64.deb, tunggu hingga selesai.
    zoom-install.png
    perintah sudo apt install akan mengunduh dependensi yang dibutuhkan oleh Zoom secara otomatis, namun apabila menggunakan perintah sudo dpkg 'namapaket'.deb maka dependensi yang dibutuhkan paket akan dipasang secara manual menggunakan perintah $ sudo apt install -f.
  3. Instalasi selesai, selanjutnya kita tinggal masuk atau daftar Zoom.
    zoom-splash-screen.png
  4. Setelah masuk/daftar ke Zoom, kita akan melihat tampilan utama Zoom yang artinya instalasi Zoom telah sukses
    zoom-dashboard.png

Penutup

Itulah cara mudah instalasi Zoom di Ubuntu, cara yang sama dapat dilakukan pada OS Linux Mint dan Debian; hal ini karena Ubuntu, Linux Mint dan Debian sama-sama menggunakan apt sebagai paket manajer mereka.

Untuk pengguna RedHat, Oracle CentOS maupun Fedora dapat menggunakan paket manajer dnf, yum atau rpm yang tersedia pada sistem berbasis RPM. Sedangkan untuk openSUSE maupun SUSE Linux dapat menggunakan file dari RedHat atau CentOS, namun menggunakan paket manajer zypper yang tersedia pada sistem ini.

Recommended:  Tutorial Screen Mirroring Android Di OS Windows