Setelah Elastic memutuskan untuk melisensikan kembali Elasticsearch di bawah Lisensi Publik Sisi Server non-open source, Amazon Web Services membuka sumber kode lama ke dalam forknya sendiri, OpenSearch.

Perang antara penyedia cloud publik dan perusahaan “open source” yang disponsori modal ventura telah memasuki babak baru yang menarik. Elastic, pembuat mesin pencarian dan analitik sumber terbuka Elasticsearch, mengejar Amazon Web Services (AWS) dengan mengubah lisensinya dari lisensi Apache 2.0 sumber terbuka ALv2 menjadi Lisensi Publik Sisi Server (SSPL) yang tidak bersumber terbuka.

AWS menanggapi hal ini dengan membagi Elasticsearch dan dasbor visualisasi data pendampingnya Kibana di bawah ALv2. Tanggal 13 April kemarin, rilis kode pertama dari OpenSearch, cabang sumber terbuka berbasis komunitas dari Elasticsearch dan Kibana telah tersedia.

Anda dapat menggunakan fork Elasticsearch, OpenSearch, dan fork Kibana, Dasbor OpenSearch dari GitHub. OpenSearch didasarkan pada Elasticsearch 7.10.2 sementara Dasbor OpenSearch berasal dari Kibana 7.10.2.

Program ini bukan hanya pertunjukkan tunggal AWS. Red Hat, SAP, Capital One, dan Logz.io juga bergabung dalam program ini. Dalam sebuah posting blog, CEO Logz.io Tomer Levi, mengatakan: “Sejak perubahan lisensi, kami telah bekerja sama dengan tim teknik AWS untuk membantu menentukan perubahan yang diperlukan pada basis kode bersama dengan membantu dalam memimpin proyek baru perencanaan. Di Logz.io, kami merasa bahwa pendekatan sumber terbuka berbasis komunitas akan menjadi pendorong sejati untuk inovasi Elasticsearch dan Kibana di masa depan.”

Tentu saja, AWS berharap forking Elasticsearch ini akan berhasil, dan mereka berencana untuk melakukan perubahan pada layanan mereka dengan mengganti nama Amazon Elasticsearch Service menjadi Amazon OpenSearch Service. Meskipun namanya diubah; layanan, operasi, metodologi pengembangan dan penggunaan bisnis tidak akan berubah.

AWS menjanjikan jalur peningkatan yang mulus dari klaster terkelola Elasticsearch 6.x dan 7.x yang ada saat ini ke OpenSearch. API Layanan Amazon OpenSearch nantinya akan tetap kompatibel dengan API layanan yang sudah ada. Dengan kata lain, Anda dapat migrasi dari Elasticsearch ke OpenSearch dari Elasticsearch tanpa masalah.

Selain itu, Amazon OpenSearch Service akan menawarkan pilihan mesin sumber terbuka. Jika Anda ingin tetap menggunakan ALv2 Elasticsearch yang saat ini tersedia (7.9 dan yang lebih lama), atau versi 7.10 yang akan datang, Anda dapat melakukannya. AWS juga berjanji akan terus mendukung dan memelihara versi Elasticsearch open source dengan perbaikan keamanan dan bug.

Namun, Status pengembangan proyek ini masih dalam tahap alpha. AWS menyatakan “Tidak lengkap, tidak diuji secara menyeluruh dan tidak cocok untuk penggunaan produksi.”

AWS mengharapkannya stabil dan siap untuk produksi paling lambat pertengahan 2021.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *