Mengatasi Error [process exited with code 1] Pada WSL 2

screenshot 2021 12 13 205623

Windows Subsystem for Linux (WSL) adalah suatu layer yang memungkinkan pengguna mengsekusi biner Linux secara native di Windows 10, Windows 11, dan Windows Server 2019.

Pada Mei 2019, WSL 2 diumumkan, rilis ini memperkenalkan perubahan penting seperti kernel Linux asli, melalui fitur Hyper-V yang telah lama digunakan oleh Microsoft.

Pesan Error [process exited with code 1]

Munculnya pesan bisa saja terjadi karena beberapa sebab, diantaranya ketika Anda selesai melakukan pembaruan Windows, menggunakan Windows Update atau melakukan pembaruan aplikasi WSL itu sendiri (misalnya aplikasi Ubuntu 20.04 yang berjalan di WSL).

628c9921

Tangkapan layar diatas menunjukkan pesan [process exited with code 1] ketika akan membuka Ubuntu WSL. Memasang ulang aplikasi WSL sama sekali tidak membantu dan bukanlah solusi yang tepat. Hal ini karena pesan error diatas akan terus muncul walaupun kita telah mencopot dan memasang kembali aplikasi WSL yang mengalami error.

Solusi Yang Tepat

Solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan menjalankan fungsi reset menggunakan CMD dengan hak admin. Untuk menjalankan CMD dengan hak admin, cukup cari CMD di start menu kemudian klik Run as administrator seperti gambar dibawah ini:

805583a8

Setelah itu, ketik perintah “netsh winsock reset” (tanpa tanda petik), kemudian enter dan tunggu hasilnya seperti dibawah ini:

screenshot 2021 12 14 150841

Langkah selanjutnya, restart Windows Anda untuk menerapkan perubahan dan Linux WSL Anda akan berjalan normal seperti sedia kala.

Penutup

Tutorial ini dapat digunakan pada Windows 10 dan 11 dengan build stable ataupun insider. Insider sendiri merupakan versi beta dari OS Windows (pembahasan mengenai Insider akan dibahas pada artikel lain).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *