Indonesia Website Awards

Google Janjikan Pembaruan Untuk Chromebook Selama 10 Tahun

google chrome 10 years.png

Chromebook sebenarnya ditujukan untuk dunia pendidikan dan bisnis kecil-menengah. Walaupun begitu, seiring dengan perkembangan jaman, Chromebook kini dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih luas serta memiliki spesifikasi yang tinggi, apalagi Google mengizinkan Google Play dan aplikasi Android dapat dijalankan secara native di beberapa seri Chromebook; program ini diluncurkan pada 2016 silam.

Untuk dunia pendidikan, Chromebook sangat cocok karena lebih mudah diakses, aman, sederhana, dan mudah dikelola bagi sekolah, sekaligus membantu pihak sekolah menghemat anggaran. Menurut Futuresource. Selain itu, produk ini merupakan pilihan yang ramah lingkungan, dengan bahan daur ulang yang mengurangi dampak lingkungan dan program perbaikan yang membantu produk bertahan lebih lama.

10 tahun pembaruan otomatis

Pada 14 September 2023 lalu, Google mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan pembaruan otomatis rutin selama 10 tahun — lebih banyak dibandingkan komitmen sistem operasi mana pun saat ini. Dengan masa pakai Chromebook yang lama, diharapkan limbah elektronik dapat berkurang sehingga berdampak pada pengurangan pemanasan global. Program ini sejalan dengan proyek Net Zero Carbon, yaitu proyek hijau Google untuk mengurangi pemanasan global yang semakin masif.

Fondasi ChromeOS yang kuat menjadikan Chromebook memiliki keamanan yang mumpuni, ditambah pembaruan otomatis setiap empat minggu membuat Chromebook lebih aman dan dapat digunakan lebih lama. Google mengatakan pembaruan rutin otomatis selama 10 tahun ini akan dimulai tahun depan sehingga pengguna mendapatkan peningkatan keamanan, stabilitas, dan fitur-fitur setelah platform tersebut dirilis.

💡
Patch atau pembaruan sistem sangat penting untuk menambal celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber maupun pencurian data
Image credit: Google

Penutup

Sayangnya, pembaruan rutin otomatis selama 10 tahun ini hanya dapat di nikmati oleh Chromebook keluaran 2021 keatas. Untuk Chromebook yang dirilis sebelum tahun 2021 dan sudah digunakan, pengguna dan admin IT akan memiliki opsi untuk memperpanjang pembaruan otomatis hingga 10 tahun sejak rilis platform (setelah mereka menerima pembaruan otomatis terakhir).

Recommended:  Docquity Raih Pendanaan Seri C Senilai US$44 Juta Yang Dipimpin Itochu Corporation

Untuk perangkat sebelum tahun 2021 yang memenuhi syarat untuk menerima pembaruan tambahan, beberapa fitur dan layanan mungkin tidak didukung.