Cara Mudah Mengatasi Komentar Spam Di WordPress Tanpa Plugin

Tidak dapat dipungkiri, komentar spam adalah fakta kehidupan di internet. Jika Anda mengaktifkan komentar di situs web Anda, maka siap-siap berurusan dengan spammer (orang yang melakukan spam).


Untuk mencegah situs Anda dari kesan pertama yang buruk, Anda harus menemukan cara untuk menghentikan spam komentar.

Komentar spam menghabiskan ruang yang tidak perlu di database hosting WordPress Anda. Yang terburuk adalah jika Anda menyetujui komentar spam secara tidak sengaja, hal itu akan membuat website Anda menjadi sarang spam karena spammer yang lain akan terus berdatangan.

Cara paling ampuh adalah menggunakan plugin semisal Akismet, namun dengan menambah plugin. Anda akan menambah banyak ruang di database website Anda dan hal ini akan mengurangi performa web.

Ada cara lain yang tidak kalah ampuh yang dengan filter kata-kata spam yang merupakan fitur bawaan WordPress namun jarang diketahui orang. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu menyetelnya di Pengaturan > Diskusi > Kata kunci yang dilarang dalam komentar, kemudian masukkan kata yang biasa digunakan oleh spammer.

Screenshot 2021 03 10 081218
Blok komentar spam | Image credit: MauCariApa.com

Setelah Anda menyetel kata-kata yang dilarang seperti gambar diatas, website Anda akan aman dari komentar spam tanpa harus menggunakan plugin apapun.

Semoga tips ini dapat berguna bagi Anda.

Langganan Newsletter MauCariApa.com

Dapatkan artikel terbaru langsung ke email Anda. Kami mengirimkan newsletter mingguan, bukan spam!

WordPress
Tutorial
Spam
Keamanan IT
Share: